Tekno Otomotif

Kenapa iPhone SE Seret Masuk Indonesia

Setelah dinanti-nanti setiap hari, tapi ternyata seri iPhone SE tak kunjung kelihatan batang hidungnya di Indonesia. Hal ini membuat banyak penggemar gadget dengan logo buah apel boncel tersebut bertanya-tanya, lantaran pihak iPhone telah memamerkannya di 46 negara seperti Italia, India, Taiwan dan Arab Saudi.

Agar tak semakin penasaran dan mencegah Anda gentayangan, Lanang Indonesia memberikan bocoran beberapa informasi terkait belum masuknya iPhone SE di Indonesia. Seperti diketahui jika setiap barang impor terkait gadget komunikasi elektronik yang masuk ke tanah air maka wajib hukumnya untuk menjalani beberapa ujian.

Seperti dikutip dari sertifikasi.postel.go.id, iPhone SE dengan kode seri APPLE - A1723 sedang dalam proses pembuatan SP3 (Surat Pengantar Pengujian Perangkat). Meskipun begitu, sebenarnya masih panjang proses yang harus dilalui iPhone SE hingga diputuskan apakah layak untuk dijual atau tidak di Indonesia.

Sekedar informasi, hambatan lain yang membuat iPhone SE belum masuk juga adalah karena terkait peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang mewajibkan perangkat komunikasi atau gadget dengan kartu seluler yang mendukung fitur LTE, harus memiliki muatan lokal sebesar 30 persen. Hal ini pun sempat dirasakan oleh iPhone 6s dan 6s plus saat hendak masuk ke tanah air.

Kemungkinan yang paling realistis adalah jika iPhone SE lolos dari pengetesan Postel, maka waktu rilisnya bisa beberapa bulan ke depan atau bahkan pada akhir tahun 2016.

Ya, kita doakan saja semoga iPhone SE dapat melalui itu semua dengan baik dan dapat bersahabat dengan 30 persen komponen lokal. Mengingat antusias penggemar ponsel pintar besutan Apple tersebut sangat tinggi.