Motor-mobil

Kenapa R25 Facelift Tidak Upgrade Performa?

Di atmosfer dunia roda dua tanah air kelahiran YZF-R25 facelift ini memang sudah cukup dinantikan karena banyak beredarnya foto test ride sang kuda besi di beberapa lokasi di wilayah Pulau Jawa. Tebeng depan yang benar-benar baru serta banyak fitur yang diupgrade tentunya menyegarkan tampilan, namun kenapa jantung pacu tetap sama dengan versi lawas?

Ya, hal ini bisa dilihat dari data spesifikasi mesin di mana power yang masih ada di kisaran 26,5kW yang jika dikonversi menjadi 35,5HP. Dan tentunya menyisakan banyak pertanyaan dari para penikmat roda dua, “kenapa dengan spek mesin lama?”

13

Sederhana bro, Yamaha dalam launchingnya menjelaskan secara tersirat jika New R25 ini adalah manufacture year 2019. Artinya ini adalah model baru yang akan tampil di tahun depan, dan pabrikan tidak harus selalu memberikan mesin yang benar-benar baru. Lihat saja banyak pabrikan lain yang hanya mengupdate ‘baju’ produknya tanpa mendatangkan mesin yang baru.

Hal ini lumrah bro, dan inilah arti dari facelift. Menyegarkan tampilan tanpa harus secara total menghasilkan produk yang benar-benar baru. Hampir semua pabrikan melakukan hal ini untuk setidaknya kembali menarik hati para pelanggannya. Mulai dari yang penambahan fitur bahkan di tingkat minim hanya penggantian striping atau availablenya pilihan warna baru.

14

Untuk R25 facelift ini terbilang cukup lumayan loh bro. Banyak fitur baru yang tersemat pada motor seperempat liter andalan Yamaha ini, khususnya di bagian depan. Desain fairing, panel speedometer, desain cover tangki, triple clamp, lampu utama LED, dan tentunya shock depan yang sudah menganut USD adalah bagian-bagian yang terkena penyegaran.

Pada akhirnya memang R25 facelift ini tidak untuk diadu performa dengan Honda CBR250RR dan Ninja 250 yang memiliki power sama-sama 38HP lebih. Pasti akan tiba waktunya untuk Yamaha menelurkan sang All New YZF-R25 di masa mendatang.

15

Sponsored Links