Etika

Kendalikan Jempol Jelang Pilpres

Penggunaan media sosial (medsos) yang secara masif menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia membuat jarak antara Sabang dan Merauke menjadi terasa sangat dekat. Positifnya, alur komunikasi sudah tak lagi terbatas ruang dan waktu. Nah negatifnya bro, perang kata-kata di medsos umum terjadi selama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Perang di medsos ini sering kali berbuntut panjang hingga terbawa ke dunia nyata. Hal ini jadi cukup berbahaya mengingat jumlah pengguna internet Indonesia 2017 tercatat 143,2 juta jiwa berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Berarti ada potensi kegaduhan yang sangat besar di dunia maya, khususnya selama proses Pilpres berlangsung.

Lalu bagaimana mengantisipasi agar kita tidak ikut perang kata-kata di medsos? Cara simpelnya sebenarnya mudah sekali bro, disconnect saja dari internet. Tapi mengingat hal tersebut tidak mungkin, nih kita kasih beberapa tips untuk lebih bijak menghadapi Pilpres di medsos.

d3

Rekreasi bisa mengalihkan perhatian kita sementara | Istimewa

Bersihkan Beranda

Sponsored Links

Perang sangat mungkin terjadi di semua platform, baik Facebook, Instagram, dan tentunya Twitter. Nah kalian pasti sudah punya teman yang memiliki record buruk selama pemilu kan. Bersihkan beranda kalian dari orang-orang ini sementara. Khusus di Facebook kita bisa memblok postingan dari teman yang kita kehendaki tanpa harus putus pertemanan.

Pikir Dua Kali Sebelum Terpancing

Mau seperti apa kita menghindar tentu akan tetap ada saja postingan yang terbaca dan tentunya memancing. Nah, sebelum comment sebaiknya pikir-pikir lagi bro. Yang pasti pilihannya jika kita memilih diam tak akan ada hal yang merugikan.

Jangan Memulai

Hari ini semua orang di medsos mendadak berpotensial jadi politikus. Bebas berpendapat sudah menjadi hukum wajib di negara demokrasi, namun di dunia medsos semua terlalu liar. Tak ada kendali langsung dari hukum, sekali kita memulai akan sangat sulit untuk berhenti. So, don’t even try yak!

d2

Main game bisa menjadi alternatif lain | Istimewa

Perbanyak Rekreasi

Satu-satunya momen ketika kita tidak tertarik untuk berperang adalah saat kita bahagia. Perbanyak rekreasi agar waktu senggang kalian lebih bermanfaat. Postingan kebahagiaan kita juga bisa sedikit menutupi postingan-postingan yang kurang bermanfaat.

Main Game

Ada sekelompok orang yang tidak peduli dengan hal-hal remeh semacam debat politik, yakni kelompok gamers. Sepanjang proses pilpres kalian bisa men-distract kehidupan berinternet dengan memainkan game. Intinya saat pegang ponsel yang dicari selalu main gamenya. Tapi agak hati-hati dengan cara ini karena salah-salah kalian malah kecanduan bermain game.

Mudah kan bro cara untuk lebih bijak berinternet selama masa Pilpres? Pokoknya selalu ingat bro, di era serba bebas berekspresi seperti hari ini yang kita butuhkan hanyalah mental toleransi yang benar-benar matang. Dan pria sejati adalah pria yang memiliki mental toleransi itu. Mari kita sambut Pilpres dengan lebih tenang dan beradab!