Grooming

Kesalahan Bodoh Dalam Menghadapi Jerawat

Jerawat, adalah masalah siapa pun baik pria atau wanita. Mari fokuskan pada masalah jerawat di kulit pria saja bro, karena jika membahas kulit wanita mungkin Lanang Indonesia akan agak kesulitan.

Kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan dalam menghadapi jerawat sangat umum dan biasanya dilakukan tanpa sadar. Kesalahan-kesalahan tersebut biasa terjadi karena dorongan pribadi atau eksternal. Lalu apa saja kesalahan yang fatal dilakukan saat berusaha bebas dari jerawat?

Main Pencet

Klasik dan sangat sering dilakukan kaum pria saat memiliki jerawat. Mengetahui kotoran di dalam jerawat bisa dikeluarkan dengan cara dipencet maka sering kali kita melakukannya. Ya, memang ada sebagian besar kotoran yang keluar tapi bukan berarti pori tersebut sudah bersih. Memencet jerawat akan selalu berakhir dengan luka atau paling tidak pelebaran pori.

Cuek Dengan Masker dan Helm

Bagi yang mengendarai motor pasti tidak asing dengan dua gear ini. Masker dan busa helm adalah fabric yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah kita selama berkendara, maka kebersihannya harus benar-benar dijaga. Selalu cuci masker setelah dua hari pemakaian dan cuci helm setidaknya satu minggu sekali jika kalian rutin berkomuter dengan sang kuda besi.

Menyalahkan Produk Pembersih Wajah

Sepanjang pengalaman Lanang Indonesia, sekalipun mengusung embel-embel anti acne tidak ada satu-pun merek sabun pembersih wajah yang benar-benar bisa mengobati jerawat. Pada dasarnya sabun-sabun ini hanya membersihkan wajah dan menurunkan risiko berjerawat pada jenis kulit normal. Jika memang jerawat kalian bersifat genetik akan sangat aneh jika menyalahkan produk-produk tersebut.

Gonta-ganti Merek

Wajar terjadi ketika kita tidak puas dengan merek A maka kita akan beralih ke merek B, lalu ke merek C dan seterusnya. Saat pertama kali mencari sabun pembersih wajah yang cocok dengan kulit mungkin boleh-boleh saja, tapi jangan jadikan kebiasaan. Setelah menemukan sabun pembersih yang dirasa cocok maka bertahanlah dengan merek tersebut. Sekali lagi ingat, mereka bukan obat jerawat.

Lupakan Scrub

Jerawat adalah persoalan kulit yang disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling utama adalah karena hormon. Testosteron yang berlebih meningkatkan produksi sebum yang akhirnya terjebak di dalam pori kulit. Daripada menggunakan sabun wajah dengan scrub lebih baik pilih sabun wajah yang mengandung salicylic acid atau benzyl peroxide yang bisa membuka pori kulit dan membiarkan sang minyak terlepas.