Karier

Keuntungan Bekerja Sebagai Freelancer

Apakah kalian sudah memiliki pekerjaan tetap? Jika belum, jangan khawatir. Kalian bisa membangun karir sebagai seorang pekerja lepas atau freelancer.

Nah, kemarin kita sudah membahas tips agar dapat meraih sukses bekerja freelance. Menjadi seorang freelancer itu memiliki banyak keuntungan di berbagai aspek, lho. Nah, kali ini kita akan mengulas keuntungan menjadi seorang freelancer.

Apa saja sih keuntungan yang bisa diraih dengan menjadi seorang freelancer? Simak ya!

 

1. Mengasah Skill

untung-1a

Bekerja sebagai freelancer akan menambah keterampilan di suatu bidang | Istimewa

Tentunya dengan bekerja freelance, kalian akan jauh lebih fokus untuk mengerjakan bidang pekerjaan yang kalian pilih. Hal ini tentu dapat mengasah keterampilan di bidang yang kalian tekuni.

Selain itu, bekerja freelance pun membuat kalian dapat melakukan eksplorasi dan inovasi terhadap pekerjaan yang kalian kerjakan. Tentu ini merupakan keuntungan bagi diri kalian jika bisa mempertajam keterampilan di suatu bidang.

 

2. Tidak Terikat

untung-2

Para pekerja freelance pun bebas bekerja kapan saja dan di mana saja | Istimewa

Bekerja freelance berarti kalian terbebas dari ikatan dengan suatu instansi atau perusahaan mana pun. Dengan begitu, kalian bisa menerima pekerjaan atau klien dari beberapa perusahaan sekaligus.

Ini jelas merupakan suatu keuntungan finansial bagi seorang freelancer. Semakin banyak klien yang kalian dapatkan dalam waktu bersamaan, semakin besar pula pendapatan yang kalian raih. Tinggal bagaimana kalian mengatur waktu untuk mengerjakan semua proyek dari klien kalian tersebut.

 

3. Bebas Menentukan

untung-3

Setiap keputusan dalam bekerja sebagai freelacer ada di tangan sendiri | Istimewa

Karena tidak terikat dengan perusahaan atau instansi mana pun, kalian dapat dengan bebas menentukan atau membuat keputusan terhadap pekerjaan kalian. Hal ini tidak terbatas pada pembuatan keputusan saja, kalian juga bebas memilih bidang pekerjaan yang kalian kuasai serta bebas juga dalam memilih calon klien yang proyeknya akan kalian kerjakan.

 

4. Fleksibel Waktu

untung-4a

Para pekerja freelance memiliki waktu yang lebih fleksibel | Istimewa

Bagi kalian yang bekerja kantoran atau terikat dengan suatu perusahaan, memiliki waktu libur atau membuat izin cuti tentu hal yang sulit didapatkan. Apalagi jika izin cuti tersebut tidak dikabulkan oleh atasan kalian, rencana liburan pun terpaksa harus ditunda.

Namun berbeda jika kalian bekerja sebagai freelancer. Waktu yang lebih fleksibel jelas merupakan suatu keuntungan yang tak dimiliki oleh pekerja kantoran. Freelancer dapat mengatur sendiri jam kerjanya, waktu istirahatmya, serta bisa pergi liburan kapan saja.

 

5. Menetapkan Sendiri Jumlah Pendapatan

untung-4

Dengan pendapatan yang lebih besar, kehidupan pun akan jauh lebih menyenangkan | Istimewa

Ini merupakan satu keuntungan yang paling diminati oleh banyak orang. Para pekerja freelance dapat menentukan sendiri besaran honor dari setiap proyek yang dikerjakan.

Bahkan untuk sekali proyek saja, biasanya freelancer dapat menghasilkan uang yang jumlahnya lebih besar dari gaji bulanan para pekerja kantoran. Besaran pemasukan tersebut tergantung pada bidang yang kalian kerjakan serta perjanjian awal dengan klien.

Bayangkan saja bila dalam waktu yang bersamaan kalian mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Tentu rekening kalian akan kemasukan jumlah angka yang sangat fantastis. Suatu keuntungan yang jelas tak dimiliki oleh pekerja kantoran.

 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diraih dengan bekerja sebagai freelancer. Setelah kemarin kita sudah membahas tentang tips sukses menjadi seorang freelancer dan kali ini kalian pun sudah tahu keuntungannya, siapkah untuk bekerja freelance?