Olahraga

Kevin & Marcus Juara All England 2018

Setelah melewati perjuangan panjang dengan lawan-lawan berat, akhirnya tim bulutangkis Indonesia berhasil memenangkan salah satu nomor di All England 2018. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang berhasil menyabet juara ganda putra di turnamen bulutangkis paling tua dan bergengsi di dunia. Raihan ini membuat mereka berhasil mempertahankan gelar tersebut yang juga mereka raih tahun lalu.

Sponsored Links

Di laga final Indonesia menyisakan satu-satunya wakil di ganda putra. Pada laga di Birmingham, Inggris, Minggu petang (18/03) atau Senin dini hari WIB, Kevin/Marcus berhasil menang dua set langsung atas pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dengan skor 21-18 dan 21-17.

Kevin/Marcus pun menambah manisnya deretan ganda putra Indonesia yang berhasil menjadi juara beruntun di kompetisi All England. Mereka adalah Rikcy Subagja/Rexy Mainaky, Johan Wahjudi/Tjun Tjun dan Ade Chandra/Christian Hadinata. Tak hanya menjadi juara beruntun di All England, Kevin Marcus juga membuat catatan tersendiri. Pertama, Kevin/Marcus mencatatkan rekor poin terbanyak di Federasi Badminton Dunia (BWF) di nomor ganda putra, yakni 100.989 poin. Kedua, kemenangan ini membuat mereka berhasil enam kali juara secara beruntun sejak November 2017, di China Open Super Series.

Pasangan ganda putra yang dijuluki The Minions ini sanggup merebut gelar juara hanya dalam waktu 42 menit. Bukan perkara mudah bagi The Minions membawa pulang kembali gelar juara. Status juara bertahan tentu membawa beban tersendiri untuk mental mereka. Di awal pertandingan, Kevin/Marcus terlihat terlambat dalam menunjukkan gaya permainan. Hal itu terlihat ketika pola permainan mereka terbawa oleh pola Boe/Mogensen yang lebih banyak membuat bola lob. Namun berkat konsentrasi dan kerjasama yang baik, Kevin/Marcus mampu mengantisipasi pola permainan lawan dengan baik, ditambah tak banyak kesalahan berarti yang dibuat oleh pasangan ini.

Kejar-mengejar poin yang terjadi di awal pertandingan menjadi tak berarti ketika pukulan ajaib Kevin/Marcus membuat Boe/Mogensen kewalahan. Keluar sebagai juara ganda putra di All England 2018, pasangan Marcus/Kevin pun membawa pulang hadiah sebesar US$ 74 ribu atau sekitar Rp 1 miliar.

Kemenangan ini tak hanya membuat Indonesia bangga, tapi juga mampu mempertahankan martabat olahraga bulutangkis Indonesia di dunia. Selamat untuk Kevin/Marcus, support selalu olahraga Indonesia.