Karier

Kiat Mengelola Waktu Kerja Menjadi Efisien

Menjalani aktivitas rutin tanpa perencanaan waktu yang jelas hanya akan membuat waktu kalian menjadi tidak efektif. Alhasil manajemen waktu kalian menjadi berantakan dan membuang-buang waktu begitu saja.

Kebanyakan orang yang sukses dan produktif adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Agar waktu kalian juga menjadi lebih produktif, berikut ini kiat-kiat untuk mengelola waktu dengan sebaik mungkin.

 

Membuat To Do List

kerja-1

Ilustrasi | Istimewa

Cara pertama agar waktu kalian menjadi lebih efisien adalah dengan membuat rencana kegiatan dalam sehari-hari. Buatlah secara terperinci kegiatan yang akan kalian lakukan beserta dengan waktu yang dibutuhkan dari tiap aktivitas.

Kalian juga bisa membuat rencana kegiatan untuk satu bulan ke depan. Lalu gunakan aplikasi reminder sebagai pengingat agar kalian lebih disiplin terhadap rencana kegiatan tersebut.

 

Fokus

frilens-1-1

Ilustrasi | Istimewa

Agar dapat menyelesaikan setiap pekerjaan atau aktivitas apapun dengan tepat waktu, cobalah untuk fokus pada satu pekerjaan atau aktivitas yang sedang kalian lakukan. Kesampingkan dulu hal-hal lain yang dapat mengganggu fokus kerja kalian terhadap suatu hal.

Dengan berfokus pada satu kegiatan yang sedang dikerjakan, maka waktu kalian akan menjadi lebih efisien dan dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu.

 

Tentukan Tenggat Waktu

kerja-3

Ilustrasi | Istimewa

Tentukanlah deadline dan batas waktu dari setiap pekerjaan. Jangan pernah memberi toleransi waktu terhadap pekerjaan yang kalian kerjakan.

Dengan mengikuti semua deadline yang kalian tentukan, tentu akan melatih diri kalian lebih bertanggung jawab terhadap waktu dan pekerjaan yang seddang diembankan kepada kalian.

 

Istirahat Yang Cukup

kerja-4

Ilustrasi | Istimewa

Jangan memaksakan diri untuk terus melakukan aktivitas yang menguras energi dan pikiran kalian. Berikan waktu beristirahat yang cukup untuk tubuh dan gunakan waktu beristirahat tersebut dengan sebaik mungkin.

Beristirahat yang cukup akan membuat tubuh kalian segar kembali dan siap untuk menjalani produktivitas yang padat. Dengan begitu, rutinitas kalian pun tidak akan terkendala hanya karena kelelahan.

 

Itulah beberapa cara dan tips bekerja efektif agar waktu kalian menjadi lebih efisien. Manajemen waktu yang buruk pastinya juga akan mempengaruhi kinerja kalian saat bekerja. Jadi manfaatkan waktu sebaik mungkin ya, bro.