Karier

Kiat Sukses Berbisnis ala Onsu Bersaudara

img_20190414_144053-620x424

Bro, kalian pasti pernah mendengar  brand atau bahkan menikmati produk dari Geprek Bensu, Bensu Bakso, Bensu Drink dan Bigben Kopi? Nah, brand tersebut tergabung dalam grup Onsu Pangan Perkasa (OPP), dikelola oleh kakak-adik, Ruben dan Jordi Onsu.

Kini bukan hanya sukses di bidang kuliner, duo bersaudara selebritis tanah air yang ramah dan penuh canda ini, juga merambah bisnis baru bernama Media Onsu Perkasa (MOP). Lini bisnis tersebut bergerak dalam bidang one stop entertainment service & digital vision.

Kalian yang senang nonton di platform youtube, dapat menikmati MOP Channel mereka yang dikemas dengan konten apik dan beragam seperti Bensurvive, Bensuara, Santai, 1 Hari Saja, Hijrah Milenial, Check In dan beberapa program lainnya dengan jumlah 12 channel.

img_20190410_112542_1-620x424

Saat peluncuran untuk pengenalan perdana MOP ke awak media di Hotel Intercontinental Jakarta, Jumat lalu. Lanang Indonesia sempat mewawancarai mereka, mengulik untuk berbagi kiat sukses berbisnis agar kita juga bisa sesukses mereka, mau tau?

Simak wawancara LanangIndonesia dengan Ruben dan Jordi Onsu berikut :

1.    Alasan kenapa kalian merambah bisnis di bidang one stop entertainment service & digital vision?

Karena kami juga bekerja di entertainment, jadi kami mengetahui dan melihat peluang yang baik untuk membuat program baru yang dikemas edukatif, informatif , up to date dan menghibur.

Jika saat ini banyak teman selebriti mengembangkan bisnisnya misalnya di bidang kuliner atau fashion, kami ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Kami bekerja dengan orang-orang yang kreatif dari bidang digital, cameramen, content creative, marketing, dan tim lainnya yang bekerja untuk media sosial kami di bidang kuliner. Dari situ,lah awalnya tercetus ide untuk membuat program acara yang kami konsep, buat dan kelola sendiri.

2.    Mengapa memilih platform Youtube untuk channel kalian?

Di tahun 2018 kami telah membangun channel MOP, terdapat kurang lebih 81 video yang telah kami tampilkan ke masyarakat melalui youtube. Channel kami telah memiliki 60,989 subscriber. Hal ini menunjukkan kami memiliki peluang untuk membuat channel kami berkembang.

Saat ini sudah era milenial, banyak orang yang sudah jarang menonton acara televisi di rumah, lebih banyak melihat di youtube atau media sosial karena bisa diakses dimanapun dan kapan pun. Toh di youtube gratis, kami bebas meng - upload video program kami sepuasnya.

3.    Tantangan dalam mengembangkan bisnis kalian?

Di bidang kuliner kami menjalankannya dengan teliti dan hati-hati. Semua produksi dari penyediaan bahan baku dan kebutuhan di setiap cabang selalu kami perhatikan. Kami bahkan mengadakan pertemuan rutin (rapat kerja) setiap 6 bulan sekali dengan manajemen dari setiap cabang untuk memastikan proses usaha berjalan baik.

Selain itu kami tidak menggunakan kredit atau pinjam ke bank untuk membeli kebutuhan dalam bisnis kuliner kami. Kami mengatur keuangan dengan bijak, mana yang menjadi prioritas untuk kami beli.

Untuk tantangan di bidang usaha kuliner adalah menjaga kualitas dan harus rajin berinovasi. Sedangkan di program channel kami, tantangan yang sangat besar saat ini adalah mencari dan mengatur jadwal bintang tamu, narasumber atau talent¸ mengatur jadwal tayang, dan mengecek setiap program yang sudah di-editing dan siap tayang. Ribet memang, tapi kami senang.

4. Bagaimana mengatur jadwal kerja kalian?

Kami sama-sama sibuk di entertainment, setiap hari saya (Jordi) full time di kantor OPP, sedangkan Ruben hanya dari pagi sampai menjelang makan siang. Selepas di kantor, shooting acara televisi. Kami selalu berkoordinasi kapan pun.

5.    Kesan bekerja dengan saudara sebagai satu tim, enak gak?

Ha…ha..ha…(tertawa). Kami bekerja profesional. Jika ada masalah atau ribut, ya ribut kerjaan. Tapi marahnya sebentar, cepat baikan, kami tau mood dan punya chemistry. Ya, karena kami saudara.

6.    Punya Tip untuk sobat LanangIndonesia agar sukses memulai atau berbisnis?

Harus kreatif, tidak pernah berhenti untuk belajar, terus berinovasi, sabar dan konsisten.

Konsistensi (memperkenalkan produk/brand) perlu karena orang suka karena terbiasa. Jangan lupa untuk menjaga nama baik  produk/brand dengan kualitas pelayanan/produk yang baik.

selain itu, jangan pernah mengikuti arus, ciptakan arus sendiri yang baru dan kreatif. Boleh mengikuti tren tapi jangan asal ikut dan harus riset terlebih dahulu, karena berbisnis adalah investasi.

Bagaimana sobat Lanang, Siap mulai berbisnis sendiri?