News

Kim Jong-un di Tapal Batas Korea Selatan

Korea Selatan dan Utara sudah sangat dikenal sebagai dua negara bersaudara yang memiliki hubungan tidak akur sejak dahulu. Tapi Jumat (27/4/2018) ini menjadi salah satu hari yang bersejarah untuk kedua negara ini karena Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu di tapal batas negara mereka masing-masing.

Dua negara yang memiliki area bebas militer di perbatasan sejak Perang Korea selesai di tahun 1953 ini secara teknis sebenarnya masih dalam status perang, namun kedua pemimpin ini akhirnya bisa bertatap muka dengan damai.

Dikutip dari News.com Kim dan Moon tampak saling tersenyum sambil mengobrol dan bergandengan tangan ketika melewati perbatasan dan sama-sama menuju wilayah Korea Selatan. Dua pemimpin ini berjalan berdampingan menuju Peace House, di mana berlangsungnya pertemuan secara resmi dalam Korean Summit.

kim

Kim Jong-un dan Moon Jae-in dalam seremonial pertemuan | AP

Pertemuan ini sebenarnya adalah kali ketiga di mana sebelumnya pernah terjadi pertemuan antara dua belah pihak pemimpin yakni Kim Jong-il dan Kim Dae-jung pada tahun 2000. Lalu pada tahun Oktober 2007 antara Kim Jong-il dan Roh Moo-hyun.

Pertemuan Kim Jong-un hari ini menjadi bersejarah karena Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang tak hanya bertemu, tapi juga berkunjung ke wilayah Korea Selatan. Dalam pertemuan ini juga Kim menunjukkan gestur serius untuk menangguhkan program tes rudal jarak jauhnya.

Apakah ini akan menjadi babak baru hubungan Korea Utara dan Selatan? Kita tunggu saja bro!