Olahraga

Kirab Obor Asian Games, Dari India Keliling Indonesia

Kegiatan Kirab Obor atau Torch Relay akan segera dilaksanakan dalam menyambut pergelaran Asian Games 2018, di mana Indonesia selaku tuan rumahnya. Kirab obor Asian Games akan berlangsung mulai 17 Juli sampai 18 Agustus 2018. Dimulai di New Delhi, India, selanjutnya, obor akan bergelora mengelilingi kota-kota di Indonesia.

Kota yang akan disinggahi obor Asian Games pertama kali adalah Yogyakarta. Setelah singgah di Yogyakarta, obor akan berkeliling melewati 54 kota di 18 provinsi di Indonesia. Nantinya, kirab obor Asian Games akan berakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, sekaligus untuk membuka upacara pembukaan Asian Games.

Obor Asian Games sendiri merupakan tradisi dari obor Olimpiade, di mana obor tersebut mencerminkan semangat yang kuat dan tak pernah padam, sebagaimana olahraga itu terbentuk. Selain itu, obor Asian Games selalu punya ciri khas sendiri tergantung tempat asal Negara yang menjadi tuan rumah. Pada umumnya menggambarkan kebudayaan Negara penyelenggara.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir, mengatakan jika untuk obor yang digunakan dalam Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dibuat dengan memadukan dua senjata tradisional beladiri asal Betawi dan Palembang, yakni golok dan skin.

"Maka jadilah sebuah bentuk Obor yang indah dan gagah yang akan menjadi wadah bagi api abadi Asian Games untuk berkobar," Ucap Erick Thohir seperti dikutip dari laman resmi Asian Games 2018.

Menurutnya perpaduan senjata tradisional pada obor Asian Games merupakan cerminan dari bersatunya ragam budaya di Indonesia untuk satu tujuan. Kedua alat beladiri tradisional tersebut merupakan simbol dari nilai dan tingkat keberadaan seseorang di masyarakat, maka itu selalu dijaga, diasah ketajamannya agar selalu tampil bersinar dan melahirkan semangat yang berkobar.

Agar kirab obor ini semakin meriah dan disambut antusias, pihak penyelenggara juga menggandeng beberapa artis dan public figur seperti Dian Sastrowardoyo, Hamish Daud, Mikha Tambayong dan Chicco Jerikho. Lalu ada pula Nicholas Saputra, Vidi Aldiano, Adipati Dolken, dan Ringgo Agus Rahman.

Nantinya obor yang diawali di Jogja, akan start di Candi Prambanan dikarenakan api sebelumnya datang dari India. Setelah itu obor akan berjalan ke arah timur sampai  kemudian terbang ke Raja Ampat, lalu ke Sulawesi,  Kalimantan, hingga Aceh.

Sponsored Links