Gaya Hidup

Koclok, Mie Berkuah Kental Di Ujung Tanah Pasundan

Jika Bandung terkenal dengan mie kocoknya, Palembang dengan mie celornya, Cirebon juga punya hidangan mie kebanggaan yakni mie koclok.

Mie koclok ini terdiri dari campuran mie basah yang disiram dengan seduhan kaldu ayam, adonan tepung maizena dan santan kental. Uniknya, nama mie koclok ternyata merupakan kependekan dari “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okey”, kata Edy, pedagang mie koclok.

Menurutnya singkatan itu hanya slogan yang sudah ada di warungnya sejak 1945. “Itu sih jadi slogan di warung saya sudah turun temurun, kalau asal usul pastinya tidak tahu persis, tapi banyak yang percaya kalau slogan itu merupakan cikal bakal nama mie koclok karena ada sudah lama”, ujar Edy.

Kelezatan dan gurihnya kuah santan yang kental akan menggugah selera untuk santap siang. Mie koclok bisa dibilang berbeda daripada yang lain karena kuahnya yang kental mirip cream soup dan bumbunya yang kaya rempah.

Jika Anda suatu hari mampir ke Cirebon, bisa menikmati hidangan yang satu ini. Biasanya mulai dijajakan mulai jam 12 siang hingga pukul 10 malam.