Fashion

Kompetisi Desain Menswear di JFW 2018

Untuk pertama kalinya di Indonesia, suatu kompetisi kreasi busana pria diselenggarakan Femina Group melalui Jakarta Fashion Week. Bertajuk Lomba Perancang Mode Menswear, pertunjukan keenam finalis dilangsungkan pada Selasa, (24/10/2017) di Fashion Atrium Senayan City, Jakarta . 

Ajang ini membuka peluang bagi calon desainer dengan rentang usia 18 hingga 35 tahun untuk memperkenalkan karyanya kepada masyarakat. Tidak itu saja, para pemenang juga memperoleh kesempatan untuk mengembangkan keahlian mereka melalui kursus di institusi desain ternama di dunia, yaitu Instituto Marangoni di Florence,  Italia.

jfw-1-1

Sebagai langkah awal dalam perlombaan ini, para calon desainer masa depan tersebut diwajibkan membuat 6 sketsa desain yang terdiri atas dua desain setelan suit/tuxedo,  dua desain kasual, dan dua desain dengan menggunakan tekstil nusantara dengan inspirasi pakaian daerah.

Mereka pun disaring menjadi 12 semifinalis yang mengikuti penjurian di kantor Femina Group. Kemudian ditentukan enam finalis dengan koleksi yang disuguhkan pada ajang Jakarta Fashion Week 2018.

jfw-3

Tidaklah mudah untuk menjadi keenam finalis lomba ini. Mereka telah diseleksi ketat oleh para tokoh mode seperti  Ai Syarif, Deden Siswanto dan Zoey Rashid. Penilaian berdasarkan kreativitas, teknik pembuatan, daya pakai, daya jual, dan daya tarik busana baik saat dipresentasikan dengan atau tanpa model.

Adapun keenam finalis tersebut antara lain Galuh Nurita, Dede Ananta, Gina Suwarni, Prasetyo Nugroho, Ray, dan Yoyok Suryo Baskara. Galuh Nurita berhasil menempati Juara Pertama, diikuti Prasetyo Nugroho sebagai Juara Kedua, dan Dede Ananta sebagai Juara Ketiga.

jfw-2

Ajang kompetisi desainer muda berbakat ini juga semakin menarik dengan tantangan merancang jaket pengemudi Grab Bike. Di bawah arahan perancang terkenal Rani Hatta, para finalis menciptakan kreasi inovatif yang diperlihatkan pada malam yang sama. Desain yang diciptakan Yayak Suryo Baskara berhasil menjadi pilihan juri. Desainnya akan diproduksi untuk dikenakan para pengemudi Grab Bike.