Motor-mobil

Kontrol Mobil Saat Pecah Ban

Mengendarai mobil tentunya bukan hanya soal bisa, tapi lebih dalam dari itu kita harus mampu mengendalikannya dalam situasi darurat. Salah satu yang paling berbahaya adalah saat ban mobil pecah di kecepatan tinggi.

Inti dari pengendalian mobil yang pecah ban adalah ketenangan kita. Selama kita tenang dan tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengendalikan mobil, kita pasti akan dengan mudah bisa menepi.

Batas Kecepatan

Bicara soal kecepatan kita satukan pendapat mobil sedang lari di atas 100 km/jam, dengan kecepatan ini pecah ban berpotensi menjadi kecelakaan serius pada mobil. Semakin tinggi kecepatan, semakin tinggi pula risiko kecelakaan dan akibat-akibatnya.

Pergerakan kita pun dalam mengantisipasi kemungkinan kecelakaan semakin sempit karena kecepatan tinggi. Jadi tentukan dulu batas kecepatan kalian ingin mengikuti rambu-rambu atau pakai batas kecepatan pribadi.

Hubungan Dengan Jalan Tol

Sponsored Links

Rem dan Gas

Jangan lakukan semua dengan tiba-tiba. Ketika ban sudah pecah kurangi gas perlahan dan injak pedal rem perlahan pula. Ban yang pecah akan menimbulkan guncangan yang cukup membuat kita kaget, rem mendadak hanya akan membuat ban terkunci dalam keadaan sobek dan ini bukanlah hal yang bagus.

Tetap Lurus

Usahakan laju mobil tetap lurus dengan kendali yang kuat pada roda kemudi. Mungkin akan ada sedikit gejala limbung hingga sliding karena distribusi berat kendaraan berubah tapi tidak semasif saat kita melakukan drifting.

Kapan Harus Menepi

Menepi dengan lampu sein secara perlahan saat kecepatan mobil sudah sampai di 60 km/jam. Pastikan kendaraan dari arah belakang sudah melihat kita. Di jalan bebas hambatan yang melaju kencang bukan hanya kita sendirian ya bro!