Terkini

Koperasi, Pilar Ekonomi Kreatif

Di tengah resesi ekonomi dunia, kita menyaksikan secara langsung gelombang PHK yang begitu tinggi. Sudah ratusan ribu pekerja Indonesia kehilangan mata pencahariannya di awal tahun ini. Tak ada catatan pasti kapan keresahan ekonomi global ini akan berhenti. Lalu mampukah kita meminimalkan dampaknya?

Mengoptimalkan kembali fungsi koperasi merupakan salah satu solusi menghadapi resesi. Mengembangkan berbagai sektor ekonomi kreatif lewat peran koperasi adalah cara untuk mengantisipasi lambatnya pertumbuhan ekonomi. Mungkin hal ini tak terlihat, tapi akan selalu terasa dampaknya.

Hal ini bisa menjadi refleksi di saat yang bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69, pada 12 Juli 2016. Menjadikan koperasi sebagai wadah bisa memperkuat pilar ekonomi nasional yang selama ini rapuh dan lebih mengorganisir kegiatan ekonomi kreatif yang selama ini cenderung sporadis.

Perjalanan koperasi sebagai salah satu komponen ekonomi telah diakui dunia, berbagai negara pun punya lembaga terkait dengan koperasi seperti Cloyne Court Hotel di Amerika, Scotmid di Inggris dan KUKM di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, lembaga koperasi pertama kali didirikan oleh seorang priayi asal Purwokerto yang bernama Raden Arya Wiraatmadja. Dirinya mendirikan bank simpan pinjam pada tahun 1896 untuk menolong warga pribumi dari jerat utang dan kemiskinan akibat sistem kapitalisme saat itu. Perjuangannya pun ternyata diteruskan oleh generasi setelahnya, meski menghadapi banyak kendala karena dianggap dapat mengganggu ekonomi politik pemerintah kolonial namun perjuangan ini terus berlanjut.

Sponsored Links

Namun berkat tekad yang kuat akhirnya pada 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di tanah air mengadakan kongres koperasi pertamanya di Tasikmalaya, yang diadakan oleh wakil presiden pertama RI Mohammad Hatta. Kongres yang juga menetapkan Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia itu menelurkan gagasan-gagasan fundamental mengenai sistem koperasi di Indonesia.

Kongres pertama itu pulalah yang kemudian ditetapkan menjadi hari koperasi nasional sampai saat ini. Selamat Hari Koperasi Nasional, tingkatkan ekonomi nasional lewat koperasi.