Fashion

Gaya Ustad di Milan Fashion Week!

I’m a proud Moslem yang berkecimpung di dunia fesyen. Makanya saya takjub sekaligus bangga, saat browsing dan menemukan ada fashionista yang hadir di pekan mode pria di kota Milan, mengenakan peci, long coat serta scarf yang menyerupai motif sarung.

Mengigatkan saya akan tampilan cowok-cowok Indonesia mau ke masjid pas lagi Lebaranan. Laff.

Nah, bagaimana cara supaya tampil kekinian dengan gaya Ustad ini? Pastinya sih Anda harus punya ‘attitude’ untuk tampil berani seperti ini.

Scarf/syal

Pria pakai syal/scarf? Mengapa tidak!. Masih tetep akan keliatan macho kok. Pilih yang bentuknya persegi panjang. Ini bentuk paling standard yang sebaiknya dimiliki pria. Yang dipakai si Mas di Milan ini berukuran besar sehingga saat dikalungkan ke leher jadi bervolume.

Anda juga bisa mengenakan syal seperti sorban yang dipakai pria Arab, yang berukuran bujur sangkar lalu lipat menjadi segitiga. Cukup kenakan dengan kaus oblong putih dan celana jins.     

collage

Topi

Peci alias kopiah, memang biasanya dipakai hanya acara spesial. Dan tidak identik dengan agama tertentu. Sudah jadi aksesori Nasional.

Pastikan ukuran tidak kekecilan ataupun kegedean. Banyak yang masih tidak pas di kepalanya sehingga cukup mengganggu penampilan.

colage1

Kacamata

Kacamata hitam/sunglasses memang dapat membikin pria jadi genik seketika. Genik disini kesannya cakep dan keren. Meski kacamata hitam suka ‘menipu’ sehingga saya dan sebagian besar wanita, amat berhati-hati apabila ada cowok cakep difoto mengenakan kacamata hitam. Karena biasanya aslinya bentuk mereka gak sekece kalau ketutup kacamata hitam.

Anyway, apabila syal yang Anda pilih motifnya kotak-kotak seperti sarung tradisional Makasar, pilih kacamata hitam yang modelnya modern. Seperti aviator (macam yang sering dipakai oleh pilot pesawat), clubmaster atau wayfarer (favorit para blogger).

colage2

Jaket

Long coat ini pas bila Anda memiliki tubuh tinggi. Apabila tidak, paling panjang adalah yang di bawah lutut.

Namun untuk udara tropis, pilihan long coat tentu tidak tepat karena biasanya materialnya khusus untuk musim dingin.  Pilih jaket bomber (seperti yang dipakai Pak Jokowi), atau blazer yang berbahan linen.

colage3

Nah, setelah hijabers wanita yang sudah top lalu lalang di perhelatan fesyen dunia, akankah gaya seperti Ustad menjadi tren busana pria tahun ini? Wallahu’alam bissawab.