Sosok

KPRJ, Komunitas Reptil Yang Mengedukasi

Hingga hari ini reptil seperti ular, biawak, iguana dan sebagainya masih jadi hewan yang menakutkan bagi sebagian masyarakat. Namun Komunitas Pencinta Reptil Jakarta (KPRJ) hadir untuk mengubah sudut pandang umum pada hewan-hewan melata yang sebenarnya pemalu ini.

Berdiri pada Agustus 2015, KPRJ ada sebagai wadah bagi penghobi reptil. Menurut salah satu pendiri KPRJ, Randi, tujuan awal berdirinya komunitas ini hanya karena hobi. Tapi seiring berjalannya waktu kemudian KPRJ berkembang menjadi sarana edukasi bagi masyarakat umum untuk lebih mengenal hewan reptil itu sendiri.

Meski belum genap satu tahun berdiri, namun komunitas pencinta reptil ini sudah memiliki 50 anggota tetap dan 1.000 anggota yang terdaftar di akun facebook. 

Selain sebagai wadah untuk tukar pikiran dan informasi antar pencinta reptil, KPRJ juga memberi sedikit pelatihan kepada orang awam yang ingin mengetahui karakter dari hewan-hewan reptil tersebut.

KPRJ mengakui jika anggotanya tidak pernah menangkap atau memamerkan jenis reptil yang dilindungi oleh pemerintah. Menariknya lagi, semua reptil yang dimiliki oleh para anggota adalah hasil ternak dan bukan buruan. Hal itu ditunjukkan KPRJ sebagai bentuk kepedulian dan bukan hanya sekedar hobi tanpa tanggung jawab.

Randi mengatakan bahwa sekarang telah ada 32 komunitas reptil yang tersebar di Jabodetabek dan berada di bawah naungan PKBRJ sebagai organisasi resmi yang mengayomi para komunitas-komunitas tersebut.

Angka tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap reptil semakin meningkat dan kemungkinan besar usaha edukasi yang dilakukan KPRJ berhasil merubah banyak orang.

Berencana memilliki reptil sebagai teman di kamar dalam waktu dekat? Anda bisa bertanya dahulu kepada para ahlinya di KPRJ. Komunitas ini bisa ditemukan dengan mudah di Taman Suropati, Menteng, Jakarta setiap dua pekan sekali pada hari Minggu.