Gaya Hidup

Kuah Garang Asem ‘Maknyus’ Ala Bondan Winarno

Siapa yang tak tahu Bondan Winarno? Wartawan senior sekaligus Pakar Kuliner ini baru saja menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu pagi, 29 November 2017. Sepanjang kariernya beliau banyak memberikan manfaat dari apa yang ia dapat, salah satunya adalah rahasia membuat masakan yang lezat lewat buku berjudul 100 Resep Mak Nyus Jakarta.

Salah satu resepnya dalam buku tersebut yang akan Lanang Indonesia ulas adalah Garang Asem. Bondan punya rahasia untuk membuat kuah garang asem menjadi lebih nikmat dan segar. Menurut   Bondan Winarno, garang asem punya dua versi, yakni versi Kudus yang tanpa santan dan versi Solo yang menggunakan santan.

Meski berbeda, satu hal yang membuatnya sama adalah dimasak dengan cara dibungkus daun pisang. Nama “Garang” sendiri menurutnya berasal dari cara pengolahannya yang dikukus atau digarang. Lalu di mana rahasianya?

Memang selama ini kebanyakan orang menganggap cita rasa kuah Garang Asem berasal dari bahan belimbing sayur yang jadi pelengkapnya. Tapi sebenarnya masih ada hal lain yang mempengaruhi cita rasanya, yakni pilihan ayam yang tepat. Menurut Bondan, ayam kampung adalah ayam yang tepat untuk menghasilkan kuah yang segar. Selain memberi perbedaan pada rasa kuah kaldu garang asem, daging ayam kampung juga tidak mudah hancur saat proses pengukusan yang lama.

Sedangkan untuk membuat garang asem sendiri adalah satu ekor ayam yang biasanya dipotong menjadi 16 bagian. Lalu dipadukan dengan bahan-bahan bumbu masakan lainnya, seperti bawang merah dan putih, daun salam, belimbing sayur, tomat hijau, lengkuas, serai, jahe dan cabai rawit hijau. Semua bahan tersebut diiris tipis, kecuali untuk cabai rawit hijau.

Lalu cukup tumis semua bumbu yang sudah diiris hingga halus. Kemudian masukkan ayam, garam, gula, daun salam, lengkuas, jahe dan serai. Masak sampai ayam menjadi agak empuk. Sediakan daun pisang yang tebal, jika dirasa perlu tambahkan daun pisang secara berlapis agar tidak bocor. Lalu masukkan ayam bersama kuahnya, tambahkan irisan belimbing sayur, tomat ijo dan cabai rawit. Kukus sekitar 15 menit saja sampai daging ayam menjadi empuk. Garang Asem pun siap disajikan.

Resep rahasia ‘maknyus’ ala Bondan Winarno ini bisa anda buat dengan mudah untuk mencuri hati wanita pujaan anda, atau mungkin sang calon mertua. Selamat mencoba guys!