Motor-mobil

Kuda Besi Presiden Jokowi

Linimasa media sosial sedang ramai membicarakan motor chopper, khususnya anak muda. Beberapa hari ini motor chopper memang menjadi topik pembicaraan netizen setelah Presiden Joko Widodo membeli sebuah kuda besi modifikasi bergaya chopper. Seperti apa modelnya?

Kuda Besi bergaya chopper milik Presiden Jokowi merupakan hasil modifikasi dari Royal Enfield Bullet 350cc. Royal Enfield Bullet 350 cc adalah motor dengan banyak sejarah, hal itu karena seri Bullet merupakan seri pertama yang dibawa ke India untuk digunakan tentara Angkatan Darat India di wilayah Pegunungan Himalaya.

Dapur pacunnya masih menggunakan mesin 346 cc satu silinder dengan tenaga sampai 19,8 HP pada putaran mesin 5.250 rpm dan torsi puncak mencapai 28Nm. Mesin satu silinder dua busi ini pun dipadukan dengan system percepatan 5 transmisi.

Di akun twitter pribadinya Presiden Jokowi mengatakan "Saya baru saja membeli motor hasil modifikasi Chopperland dari bengkel 'Elders Garage'. Kita menghargai kreasi anak negeri agar mereka terus terpacu berkarya, sehingga suatu saat kita punya produk asli Indonesia yg bisa kita banggakan,”

Motor rakitan Elder Garage dan Kickass Chopper yang berwarna emas ini dibeli oleh Presiden Jokowi seharga Rp 140 juta. Motor yang pernah dipamerkan di Jepang ini sebelumnya dibanderol seharga Rp 150 juta. Presiden Jokowi pertama kali melihatnya pada medio Oktober 2017, saat itu Presiden Jokowi mengundang para anak muda kreatif untuk merayakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor. Salah satu anak muda yang diundangnya memang menjadi pebisnis motor kostum dan kemudian membawa beberapa motor hasil modifikasi terbaiknya.

chopper2

Posisi yang rendah dengan dudukan setang tinggi membuat chopper nyaman dikendarai | Dok. Instagram/@bigguz

Motor bergaya chopper sendiri merupakan motor costum yang ada pertama kali pada tahun 1950-an di California, Amerika Serikat. Ada beberapa gaya modifikasi lain seperti Bobber, Scrambler atau Jap Style, namun Chopper paling popular karena terbilang paling ekstrem. Chopper seringkali menggunakan sudut kemudi yang dimodifikasi secara radikal dengan garpu setang yang panjang dan membentang.

Beberapa karakteristik dari Chopper adalah ujung depan yang panjang dengan garpu setang panjang dan  sering digabungkan dengan sudut rake yang meningkat. Kerangka hardtail (kerangka tanpa suspensi belakang), setang "ape hanger" yang sangat tinggi atau handlebars "drag" yang sangat pendek, biasanya diperpanjang atau membentang. The "sissy bar", satu set tabung yang menghubungkan spakbor belakang dengan bingkai, dan yang sering diperpanjang beberapa meter tingginya, merupakan ciri khas pada banyak Chopper.

Tradisi modifikasi motor ini biasa disebut sebagai Kustom Kulture atau Costum Culture. Tradisi ini dimulai pada era 1950-an di Amerika Serikat untuk menggambarkan sebuah karya seni, kendaraan, gaya rambut & mode bagi mereka yang menyetir & membangun mobil/motor kustom. Orang-orang yang terkenal dalam mempopulerkan ini ialah Von Dutch (Kenny Howard), Robert Williams, Ed “Big Daddy” Roth, Lyle Fisk dan Dean Jeffries. Tradisi ini sendiri mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1970.

Terlepas dari ketentuan peraturan yang berlaku mengenai modifikasi motor, langkah Presiden Jokowi membeli motor ini patut diapresiasi. Hal ini dikarenakan akan meningkatkan intensitas industry kreatif di bidang otomotif, secara tidak langsung pasar bisnis modifikasi motor pun akan merangkak naik. Tapi niat Pak Jokowi untuk touring dengan kuda besinya ini sampai Papua akankah terealisasi?