Kuliner

Kuliner Traveloka, Semangat Mempopulerkan Makanan Lokal

Persentase kuliner yang mencapai 40 persen saat melakukan traveling membuat Traveloka berinisiasi untuk menghadirkan fitur Kuliner Traveloka dalam satu aplikasi. Fitur ini untuk menghadirkan informasi kuliner serta penawaran eksklusif berbagai restoran di Indonesia.

Sponsored Links

Bertempat di Paradigma Kafe, Jakarta, Rabu (9/5/2018), Traveloka menggelar Kuliner Traveloka dengan menampilkan banyak makanan khas daerah di nusantara. Saat ini Kuliner Traveloka telah hadir di tujuh kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya dan Medan. Traveloka jugaa telah menghadirkan sebanyak 8.000 informasi restoran yang terbagi dalam 9 kategori makanan, di antaranya adalah kuliner Asia, Barat, Indonesia, dan lain-lain.

traveloka3

Nasi Uduk Kebon Kacang dan Soto Betawi H. Mamat menjadi etalase di Kuliner Traveloka | Andika Aditia

“Target kita mencari makanan lokal dan unik, ini agar bisa meningkatkan para pengusaha kuliner lokal, selain itu costumer juga bisa lebih mudah menjangkau makanan yang ada di tempat destinasi wisata yang ia datangi,” ucap Christian Suwarna Senior Vice President Business Development Traveloka.

Ketika ditanya terkait kategori makanan ekstrem yang kini sedang hits, Christian Suwarna berjanji ke depannya Traveloka akan menghadirkan sub kategori makanan ekstrem beserta panduannya untuk lebih membuat orang yang baru mencobanya lebih aman dan tahu cara serta batasan dalam mengonsumsinya. Makanan ekstrem seperti Kalajengking, Belalang Goreng dan Sate Ular sedang ramai diburu para pemburu kuliner di Indonesia, terlebih Pasar Tomohon di Manado, Sulawesi Utara, sudah terkenal akan makanan-makanan ekstremnya.

traveloka5

Kue salah satu merchant yang ada di Kuliner Traveloka | Andika Aditia

Hal senada juga diungkapkan Vita Datau Mesakkh, Kepala Tim Percepatan Wisata Kuliner & Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia, menurutnya dunia kuliner Indonesia harus dibangkitkan dari apa yang sudah ada. The Power of Story Telling dari suatu makanan menjadi sangat penting untuk menambah nilai suatu makanan.

“Kalau kita tak memiliki kompetitor dalam persaingan kuliner, maka tak akan ada emosional yang bisa membangkitkan semangat memajukan kuliner itu sendiri,” ucap Vita Datau Mesakkh.

Sejalan dengan misi Kemeterian Pariwisata untuk go digital, Kuliner Traveloka rasanya cukup tepat untuk memperkenalkan wisata dan kuliner dalam satu platform terutama digital. Terlebih kuliner merupakan salah satu elemen kearifan lokal dari traveling.

traveloka2

Durian Medan yang sudah populer turut ditampilkan oleh Kuliner Traveloka | Andika Aditia

Vita Datau Mesakkh Juga menambahkan jika sudah ada beberapa kuliner yang menjadi wisata kuliner signature Indonesia, seperti rendang, sate, nasi goreng, soto dan gado-gado. Selain itu ada pul wisata destinasi belanja di Indonesia yang sejauh ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata, seperti Bali, Joglo Semar (Yogyakarta) dan Bandung.

Dari data yang diterima Lanang Indonesia, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat pariwisata Idnoensia. Kontribusi kuliner terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Ekonomi Kreatif paling tinggi. Untuk tahun 2017 saja, kuliner mencatat pendapatan sebanyak 42% atau mengungguli bidang fashion sebanyak 18% dan bidang kerajinan sebesar 15%.

Menurut UNWTO pada tahun 2013, sekitar 30% - 40% dari pendapatan pariwisata bersumber dari kuliner. Pada tahun 2017, pendapatan dari kuliner mencapai 30% atau setara Rp 60 triliun dari total pendapatan pariwisata yang mencapai Rp 200 triliun.