Gaya Hidup

Lebih Dekat Dengan Seni Instalasi

Menikmati karya seni tidak akan pernah cukup hanya dengan mendengar dan melihat, tapi juga harus dengan penghayatan mendalam . Kini seni telah berkembang ke dalam banyak manifesto dan konsep, salah satunya adalah seni instalasi.

Mungkin seni instalasi belum sepopuler cabang-cabang seni lainnya. Namun kini bisa kita lihat jika konsep seni yang satu ini mulai banyak digandrungi seniman muda bahkan telah ramai menghiasi area publik di seluruh dunia. Lalu, sebenarnya seperti apakah seni instalasi itu sendiri?

Seni instalasi adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengonstruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.

instalasi1

Penggabungannya pun bermacam-macam, bisa perpaduan antara visual dan audio serta yang lainnya. Seni tiga dimensi ini punya tujuan untuk mengubah persepsi, seni instalasi pun bisa bersifat sementara atau kontemporer atau permanen.

Beberapa seniman seni instalasi yang terkenal di antaranya adalah, Marcel Duchamp, Kurt Schwitters, Pooja, Eko Nugroho, Joko Avianto dan Hanafi.

Tak hanya sekedar pajangan untuk menambah keindahan suatu ruang, namun seni instalasi juga menjelma menjadi media para seniman untuk mengkritik kondisi sosial, politik dan isu-isu kontemporer lainnya.

Penasaran ingin melihat langsung seperti apa seni instalasi, tunggu saja bro, se bentar lagi akan ada pergelaran Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD) 2016, pada 7 Oktober 2016 nanti. DI ICAD 2016 ini kalian bisa menikmati berbagai jenis seni khususnya seni-seni instalasi.