Tekno Otomotif

Lengan Robot dari Konami untuk Seorang Gamers

Produsen game asal Jepang, Konami, melakukan hal yang tak biasa dalam hal teknologi. Tak hanya mengembangkan game-game ternama di dunia, Konami juga menciptakan lengan robotik untuk orang yang membutuhkannya.

Hal itu dirasakan langsung oleh James Young, seorang gamers asal Inggris. Ia mengalami kecelakaan beberapa tahun lalu yang membuat tangannya harus diamputasi. Melihat kondisi Young, Konami bekerja sama dengan insinyur robotik kenamaan untuk mengembangkan lengan prostetik untuk dirinya.

Seperti dilansir metro.co.uk, Senin (23/5/2016), Konami menggandeng desainer Sophie De Olivier Barata untuk mendesain lengan robotik tersebut agar mirip dengan salah satu tokoh di game Metal Gear Solid V: Phantom Pain.

Lengan robotik berbahan karbon fiber ini memiliki efek cahaya laser, senter, charger USB, jam dan sebuah drone mini yang bisa diluncurkan dari bahu James Young. Tangan palsu ini sendiri dikendalikan oleh seperangkat sensor, yang mendeteksi pergerakan otot dari bahu Young.

Kini Young sudah bisa kembali bekerja, bahkan lengan baru miliknya tersebut mampu meningkatkan kinerjanya di kantor. Lengan robotik yang dikembangkan Konami dan Open Bionics ini menghabiskan waktu selama enam bulan, sebelum benar-benar bisa digunakan oleh Young.

Konami mengaku sengaja mendesain lengan robotik tersebut agar dapat mengendalikan pesawat tanpa awak atau drone, agar Young tak perlu menggunakan pengendali tambahan saat menggunakan pesawat tersebut.

Konami pun berharap jika programnya yang diberi nama proyek Phantom Limb ini dapat memperoleh persetujuan medis dari Inggris agar bisa digunakan oleh korban amputasi untuk memakai organ robotik. Meski lengan ini memiliki bobot yang cukup berat namun lengan ini bisa memberi perubahan yang lebih berarti.