Terkini

Lestarikan Laut di Hari Laut Sedunia

Hari ini Rabu, 8 Juni 2016, adalah hari spesial untuk osean di seluruh dunia karena hari ini merupakan peringatan Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day. Dengan mengusung tema “Healthy oceans, healthy planet” berbagai perayaan pun digelar untuk melestarikan kehidupan di dunia laut.

Mulai dari membersihkan laut di daerah masing-masing, penanaman terumbu karang, sampai memposting poster Hari Laut Sedunia di media sosial pun turut dilakukan untuk menyambut Hari Laut Nasional ini.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia sendiri juga tak ketinggalan untuk merayakan hari ini, meski mengambil tema yang agak berbeda dari tema internasional, yakni “Laut Berdaulat, Laut Kaya, Rakyat Sejahtera.” Namun hal itu tak menghalangi esensi dari peringatannya sendiri.

Hari Laut Sedunia sendiri mulai ditetapkan pada 8 Juni 1992 dalam Earth Summit di Rio Janeiro, Brasil. Perayaan ini juga dikoordinasikan secara internasional oleh Ocean Project dan World Ocean Network.

Seperti diketahui, lautan yang sehat akan membuat planet bumi juga menjadi sehat karena laut adalah tempat jutaan makhluk hidup termasuk manusia menggantungkan hidupnya. Laut ibarat denyut nadi yang teramat penting setiap geraknya. Banyak kehidupan menakjubkan yang ada di laut, banyak di antaranya bahkan merupakan makhluk yang masih dipertanyakan karena kemisteriusannya.

Hal itu wajar saja terjadi mengingat tiga perempat wilayah bumi merupakan lautan dan baru sepuluh persen yang terjamah. Namun hal itu sebentar lagi bisa saja berubah jika melihat laporan dari World Economic Forum, di mana pada tahun 2010, sebanyak delapan juta ton sampah plastik beredar di lautan. Jika tak ada penanganan serius maka dapat dipastikan pada tahun 2050, jumlah plastik akan lebih banyak daripada ikan itu sendiri.

Tentu kita semua tak ingin hal itu terjadi atau bahkan kenangan bersama mantan di tepi pantai tak akan lagi ada karena lautan yang berubah menjadi lautan sampah. Banyak hal sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan, mulai dari tak membuang sampah sembarangan apalagi ke laut, memungut sampah yang tak pada tempatnya dan biasakan untuk menggunakan barang yang bisa didaur ulang.

 

Mudah sebenarnya untuk menjaga lautan, hanya saja butuh kesungguhan. Selamat Hari Laut Sedunia.