Gaya Hidup

Lima Kota Surga Kuliner Indonesia

Ratusan suku dan budaya yang mewarnai nusantara membuat keragaman kuliner kita tak akan pernah bisa selesai dibahas. Kekayaan rempah yang terkenal hingga ke Eropa membuat masakan-masakan asli Indonesia penuh rasa dan berkarakter. Dunia kuliner yang semakin maju telah membuat beberapa kota di Indonesia berubah menjadi surga kuliner. Di mana saja kota-kota tersebut?  

Medan, Sumatera Utara

Medan menempati posisi teratas sebagai kota yang wajib dikunjungi pemburu kuliner. Segala macam makanan berat seperti Soto Medan, Martabak Keling, Mie Aceh, Lontong Medan hingga Chinese Food dengan rasa kelas atas bisa ditemukan di kota ini.  

Malam hari menjadi waktu primer para penjaja kuliner berjualan, jadi mulailah berburu makanan pada malam hari. Selain makanan berat Medan juga sangat terkenal dengan jajanan ringan dan kue-kuenya. Anda bisa memilih Kue Bika Ambon, Bolu Meranti,Risol Gogo, Lemang Medan sampai yang lagi hits belakangan ini Pancake Durian.

Makassar, Sulawesi Selatan

Makassar menjadi kota kedua yang wajib dikunjungi dalam daftar. Kota yang cukup maju di Sulawesi ini menyimpan berbagai harta karun kuliner seperti Sop Konro, Es Pisang Hijau, Gogoso dan terakhir Anda belum disebut pernah ke Makassar kalau belum makan Coto Makassar yang terkenal.

Berkunjung ke Makassar Anda harus menyempatkan waktu sehari penuh mencari makanan-makanan khasnya. Di kota ini siang dan malam para penjaja makanan terus berjualan, jadi tak perlu mencari waktu-waktu khusus untuk berburu makanan.

Surabaya, Jawa Timur

Rujak Cingur, Tahu Campur, Nasi Rawon dan Lontong Kikil adalah menu-menu andalan kota pahlawan ini. Selain kuliner-kuliner asli, ada juga beberapa makanan dari daerah sekitarnya seperti Soto Lamongan dan Nasi Krawu yang terkenal di Surabaya.

Makanan lain yang juga sangat berasa Surabaya adalah Lontong Balap yang dinamakan demikian karena para penjualnya selalu berjalan tergesa-gesa saat membawa pikulan yang berat.

Bali

Bali sangat terkenal dengan kulinernya yang beragam. Bumbu makanannya yang hampir selalu pedas dan kuning karena kunyit menjadikan masakan Bali mudah dikenali. Ayam Betutu, Sate Lilit, Lawar Kuwir adalah menu-menu utama di Bali.

Hampir semua dipadukan dengan nasi, kebanyakan kuliner di Bali adalah makanan-makanan berat. Nasi Campur, Nasi Tepeng dan Nasi Jinggo yang terkenal dengan harga kaki limanya adalah contoh makanan-makanan khas Bali yang merupakan paduan nasi dan lauk.

Bandung, Jawa Barat

Berbanding terbalik dengan Bali, Bandung justru mengandalkan makanan-makanan ringan sebagai kuliner khas mereka. Jajanan seperti Batagor, Surabi, Cireng, Cilok dan Cimol adalah makanan khas Bandung yang bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan.

Bandung merupakan kota dengan perkembangan kuliner yang dinamis. Banyak makanan-makanan baru yang dikreasikan masyarakat Bandung menjadi makanan khas. Salah satunya adalah Colenak.