Gaya Hidup

Little India di Jakarta

India dikenal lewat lagu dan filmnya yang fenomenal. Dan proses penyebaran budaya India di dunia pun telah berlangsung lama, begitu juga di Indonesia. Perkembangan budaya India di Indonesia terbilang cukup baik.

Lanang Indonesia menelusuri keberadaan pemukiman warga keturunan India yang terletak di Sunter, Jakarta Utara. Istilah Little India memang telah diketahui banyak orang, di beberapa tempat seperti Malaysia dan Singapura, Little India telah menjadi pemukiman warga keturunan India yang dikunjungi ribuan wisatawan tiap tahunnya.

Berbeda dari Singapura dan Malaysia, Little India di Jakarta memang tak berkerumun atau berderet dengan tampilan khasnya. Namun di sini Anda bisa melihat berbagai bentuk kebudayaan masyarakat yang terkenal dengan Bollywoodnya tersebut. Meski letaknya agak berjauhan, tetapi daerah ini telah dikenal sebagai kampung India di Jakarta.

Keberadaan warga India di Sunter sebenarnya merupakan pindahan dari Pasar Baru, Jakarta Pusat, yang telah padat dan dirasa kurang nyaman sebagai tempat tinggal. Jika Anda ke wilayah ini maka akan menemukan beberapa kuil dan toko yang identik dengan negeri seribu kuil tersebut. Misalnya kuil Jai Kalimaa Mandir, kuil Shri Anandpur Darbar, lalu beberapa toko khas India seperti Mustafa Family Store, dan Lakits Little Indian Provision.

Sayangnya saat Lanang Indonesia mengunjungi kuil Jai Kalimaa Mandir yang sudah cukup dikenal ini telah ditutup dan tak aktif lagi. Menurut Yoan, warga setempat, “sudah tutup agak lama, sepertinya sudah pindah tempat”, Yoan juga mengatakan tempat ini sebelumnya ramai dikunjungi dan jadi ciri khas tersendiri. Selain kuil Jai Kalimaa Mandir, Lanang Indonesia juga mengunjungi kuil Shri Anandpur Darbar dan toko Mustafa Family Store, toko tersebut juga terdapat di Little India Singapura dan Malaysia, entah pemiliknya sama atau tidak. Namun karena alasan privasi, Lanang Indonesia tak bisa mengabadikan banyak gambar tempat-tempat unik dan khas tersebut.

Jika Anda ingin mengunjungi Little India ini bisa langsung ke daerah Sunter, bagi yang ingin membeli makanan atau bumbu khas India bisa mengunjungi Mustafa Family Store, di sini Anda bisa menemukan bumbu langka seperti Kapulaga hijau (choti elaichi), Kapulaga hitam (badi elaichi), Bunga lawang atau pekak (chakra phool), dan Garam masala yang merupakan rempah bubuk dari campuran bumbu khas India.