Tekno Otomotif

Lorenzo Kuasai Seri Perdana Qatar 2016

Kompetisi MotoGP musim 2016 ini dibuka dengan penuh kejutan dari juara dunia bertahan Jorge Lorenzo. Dengan gayanya yang khas membawa motor halus, Lorenzo berhasil menyabet juara pertama yang diikuti Andrea Dovizioso di posisi kedua dan Marc Marquez ketiga dalam seri perdana MotoGP di Qatar.

Berhasil menjaga jarak hingga dua detik dengan pembalap kedua Dovizioso, Lorenzo tampak tenang menguasai balapan di depan dengan Yamaha M1-nya. Sedangkan rekan satu tim yang juga merupakan pesaing utama, Valentino Rossi, harus puas di peringkat ke-empat.

Tontonan menarik selama balapan justru ada pada kelompok di belakang Lorenzo, yakni Dovizioso, Marquez dan Rossi yang saling balap sepanjang race. Dovizioso dengan mesin Ducati yang luar biasa selalu bisa menyalip Marquez di trek lurus menjadikan dirinya sebagai the best overtaker di Qatar.

Rossi mengakui jika kesalahannya hanya ada di satu titik yakni salah memilih ban untuk ban belakang. Di saat Lorenzo memilih ban soft untuk bagian belakang, dirinya malah memilih ban extra hard yang bahkan membuatnya kesulitan dari mulai start.

Dengan catatan untuk tahun ini memang pemasok ban bagi semua tim datang dari Michelin di mana selama beberapa tahun sebelumnya sudah dikuasai Bridgestone. Pergantian pemasok ban ini juga yang membuat semua pembalap harus beradaptasi.

“Tahun lalu aku bisa sangat superior di Argentina di mana bisa maju dari belakang dengan ban yang sudah sangat kukenal, tapi tahun ini jelas sangat berbeda,” kata Rossi seperti dilansir dari MotoGP.com.

Tahun ini juga peta persaingan agak berubah karena ada beberapa pembalap yang habis kontrak dan harus berpindah ke tim lain. Seperti Jack Miller yang harus pindah ke Estrella Galicia bersama rokie dari Moto2, Tito Rabat. Selain itu Scott Redding juga bergeser ke OCTO Pramac Yakhnich menggantikan posisi Yonny Hernandez yang pindah ke Aspar Team.

Tak masalah seperti apa adaptasi mereka dengan tim dan ban yang baru, yang pasti MotoGP tahun ini tidak akan kalah seru dengan tahun kemarin!