Seni

Luapan Perasaan Ghanyleo Dalam Lukisan

Bicara soal seni rupa, rasanya kita perlu menyebut nama Ghanyleo sebagai salah satu rising star di bidang tersebut. Ya, Ghanyleo adalah seorang pelukis seni rupa yang masih cukup muda namun sudah banyak terlibat dalam banyak pameran.

Pada hari Kamis (30/8/2018) Lanang Indonesia berkunjung ke Gallery Artpreneur Centre di Kawasan Kuningan, Jakarta, untuk berbincang santai dengan sang seniman. Kepada Lanang Indonesia, Ghanyleo menceritakan perjalanan karirnya hingga keresahan yang mendasarinya untuk menggelar beberapa pameran lukisan seni rupa.

1a5e5105-0595-4d21-8f4e-11122087bcf5

Eternity | Dok. Pribadi

Terlahir dari keluarga seniman tak lantas membuatnya begitu saja menceburkan diri di bidang kesenian. Ghanyleo justru memiliki cita-cita sebagai presiden pada masa kecilnya. Memiliki bakat seni rupa yang diturunkan dari sang ayah, Ghanyleo belajar untuk melukis seni rupa sejak dari kecil.

Ghanyleo memulai industri seni rupa secara profesional mulai tahun 2013. Pada masa itu, beliau memulai karirnya dari mengikuti beberapa seleksi untuk pameran di galeri dan museum di Indonesia. “Kebetulan selalu terpilih, jadi beberapa kali lolos ikut pameran-pameran di hampir semua museum dan galeri Indonesia,” ujar Ghanyleo.

8d220f74-6624-4e05-973b-182d0dbfc744

Brain and Desire | Dok. Pribadi

Selama 5 tahun berkarir sebagai pelukis seni rupa, sekitar 70 lebih lukisan telah dibuatnya. “Serunya bikin lukisan seni rupa itu ketika seribu orang liat lukisan kita maka akan ada seribu sudut pandang yang berbeda terhadap lukisan tersebut. Kalo bisa sampe berantem malah,” lanjut Ghanyleo sambil tertawa.

Sponsored Links

583f4cf1-524c-4a41-a929-dcb37a5baa4e

The Sealed Secrets in My Dream | Dok. Pribadi

Lukisan serta pameran yang dibuat Ghanyleo pun muncul dari keresahan yang dirasakannya. “Resah aja dari 2013 sampai 2016 selalu ikut pameran orang. Akhirnya mutusin buat pameran sendiri biar lebih bebas nentuin konsep pamerannya,” ucap Ghanyleo

Pelukis muda ini memiliki tiga konsep dalam berkarya,  yaitu Urban, Culture, dan Tokoh/Romantika. Beliau melukis wajah tokoh yang berpengaruh dan menginspirasinya ketika masih remaja. Untuk proses pengerjaannya sendiri memakan waktu sekitar 2 minggu untuk satu lukisan.

ec541eeb-e6c3-4322-a6d8-db0735e94d1a

Season | Dok. Pribadi

Salah satu lukisan yang paling sulit baginya adalah yang berjudul Brain and Desire. “Ngelukisnya sih gak terlalus susah, yang susah itu proses cari idenya,” papar Ghanyleo. Lukisan tersebut juga mengantarkannya untuk pertama kali lolos mengikuti pameran di Galeri Nasional.

Ghanyleo juga baru saja menggelar pameran solo bertajuk SEASON yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 24 Agustus 2018. Sebagai penutup perbincangan kami, Ghanyleo menyampaikan harapannya untuk industri seni rupa di Indonesia.

“Semakin banyak galeri dan museum baru yang sadar akan pentingnya seni rupa. Semoga industri seni rupa semakin meriah lagi dan semoga perkembangannya bisa lebih melejit lagi.” Tutup Ghanyleo.