Tekno Otomotif

Maling Motor, Ini Cara Antisipasinya

Memiliki sepeda motor sudah menjadi hal yang sangat lumrah di Indonesia, disamping kemudahan uang muka yang rendah hingga bunga ringan untuk membelinya.

Fenomena sepeda motor yang membludak secara tidak langsung dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat jahat. Meleng sedikit saja motor langsung raib. Dilansir welovehonda.com, ada beberapa cara mudah menangkalnya.

Penting untuk diingat!, selalu mengunci motor, jangan lupa menutup lubang kunci dengan pengaman bermagnet. Ada baiknya ditambah kunci pengaman lainnya seperti menggembok disc brake. Dan yang paling penting adalah, posisi stang saat dikunci. Hampir semua pemilik motor menghadapkan setang ke arah kiri.

Untuk mengurangi risiko motor dibobol, hadapkan setang ke arah kanan. Jika kunci setang ke kiri, maka banyak ruang untuk pembobol beraksi. Menghadapkan ke kanan akan membuat kunci T yang biasa dipakai maling tidak akan leluasa dan lebih sempit.

Bila memungkinkan, berikan alarm pada sepeda motor atau biarkan saja dalam keadaan kotor. Ini membuat calon maling urung membobol sepeda motor.

Dengan cara ini setidaknya kita membuat maling sedikit kewalahan dan membutuhkan waktu lebih lama. Kemudahan memiliki sepeda motor bukan berarti menyepelekannya.