Olahraga

Mantap Menatap 8 Besar Liga Champions

Babak 16 besar Liga Champions akan segera berakhir, para jawara klub Eropa pun makin mantap menatap babak 8 besar. Beberapa klub sudah memastikan dirinya lolos ke perempat final. Klub-klub seperti AS Roma, Shaktar Donetsk, Manchester United, Sevilla, Besiktas, Bayern Muenchen, Barcelona dan Chelsea sedang bersiap untuk merebut tiket menuju babak 8 besar. Siapakah yang akan tersingkir?

Selain Real Madrid dan Liverpool yang sudah memastikan tiket ke perempat final. Klub seperti Juventus dan Manchester City juga baru saja berhasil melalui babak 16 besar dengan perjuangan cukup keras. Wakil Italia Juventus yang baru saja membenamkan mimpi Tottenham Hotspurs, berhasil melaju setelah menang bertarung dengan skor 2-1, pada Kamis (8/3/2018) dini hari. Dengan hasil tersebut Juventus menang agregat 4-3 atas Tottenham. Juventus yang awalnya diragukan akhirnya berhasil lolos, ini karena Juventus mampu ditahan imbang oleh Tottenham ketika menjamunya di Juventus Stadium.

Pengalaman Juventus di kancah Eropa dianggap menjadi modal penting kenapa Juventus mampu membalikkan keadaan. Ditambah Juventus mampu menguasai mental meski bermain di Wembley Stadium. Lesakkan gol dari Gonzalo Higuain 64’ dan Paulo Dybala 67’ mampu mengubur mimpi Tottenham yang lebih dulu unggul lewat gol Son Heung-Min 39’.

Selain Juventus, adapula Manchester City yang berhasil lolos ke perempat final meski dikalahkan 2-1 oleh Bassel di markasnya sendiri, Stadion Etihad. Ini dikarenakan Manchester City telah lebih dulu unggul telak 4-0 ketika bertandang ke markas Bassel.

Hasil ini pun mengakhiri catatan apik Manchester City yang belum pernah kalah di Stadion Etihad sejak 3 Desember 2016. Terakhir kali mereka takluk saat bertanding melawan Chelsea pada laga Premier League—kasta teratas Liga Inggris.

Sponsored Links

Pertandingan pekan depan juga tak kalah seru, pekan terakhir babak 16 besar akan menampilkan AS Roma vs Shaktar Donetsk, Manchester United vs Sevilla, Besiktas vs Bayern Muenchen, dan Barcelona vs Chelsea. Laga Roma vs Shaktar Donetsk dan Manchester United vs Sevilla akan lebih dulu dimulai, pada Rabu (14/3/2018) dini hari. Sedangkan laga Besiktas vs Bayern Muenchen dan Barcelona vs Chelsea akan dimulai pada Kamis (15/3/2018) dini hari.

Jika melihat catatan pada pertandingan sebelumnya, maka untuk Chelsea dan Manchester United harus berhati-hati. Hal ini karena pola kemenangan yang terjadi, di mana kesialan menimpa tuan rumah. Tiga dari empat tim yang berlaga pekan ini harus menelan kekalahan, meskipun mereka bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya.

Catatan itu bisa dilihat saat Paris Saint-Germain (PSG) kalah 1-2 dari Real Madrid, sama halnya dengan Tottenham Hotspur yang takluk 1-2 dari Juventus dan Manchester City yang menyerah 1-2 dari FC Basel. Dari ketiga tim yang kalah tersebut, hanya Manchester City yang lolos karena telah memiliki keunggulan 4-0 pada leg pertama.

Seperti diketahui jika sebelumnya Barcelona hanya mampu bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge. Dengan peluang ini, bukan tidak mungkin tim sekelas Chelsea mampu membalikkan keadaan. Hal serupa juga akan dialami oleh Manchester United yang akan menjamu Sevilla di Old Trafford. Tapi sebenarnya ini bukanlah tugas sulit untuk dilakukan.

Untuk Bayern Muenchen sendiri hampir dipastikan lolos ke babak 8 besar karena sudah lebih dulu menggilas Besiktas 5-0. Sangat sulit bagi Besiktas untuk meraih 6 gol tanpa balas agar bisa lolos. Tim yang punya peluang 50:50 mungkin hanya AS Roma, di mana sebelumnya ia dikalahkan oleh Shaktar dengan skor 2-1. Meski akan menjamu Shaktar di Stadion Olimpico, AS Roma harus berhati-hati, mengingat Shaktar cukup meraih seri untuk bisa lolos.

Itu sekilas info highlight Liga Champions di babak 16 besar, Real Madrid dan Bayern Muenchen sendiri banyak difavoritkan untuk menjadi juara musim ini. Kalau kalian bagaimana? Lolos atau justru gugurkah klub favorit kalian?