Motor-mobil

Mazda MX-5, Roadster Terpopuler Di Dunia Ada Di Indonesia

Setelah mengumumkan perpindahan manajemen di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (15/3/2017). Mazda secara mengejutkan juga memamerkan mobil andalan terbarunya pada acara tersebut, yakni Mazda MX-5 Soft Top.

Mobil ini merupakan salah satu roadster atau mobil dengan dua kursi tanpa atap permanen paling populer di dunia dengan catatan penjualan mencapai 950.000 dan mencatatkan rekor terlaris di Guinnes World Record. Apakah sobat lanang penasaran apa saja amunisinya dan bagaimana performanya? Mari kita kulik satu-persatu.

eurokars-indo-launch-mazda-0385

Desain eksterior Mazda MX-5 yang lapang dan nyaman bagi pengendara | Khalida Nasution

Hadir pertama kali pada 25 tahun lalu, generasi pertama dari Mazda MX-5 telah menarik perhatian saat debutnya di Chicago Auto Show, pada tahun 1989. Kini Mazda MX-5 telah masuk di generasi ke-4, mobil tersebut hadir dengan bobot yang lebih ringan 75 Kg dari generasi sebelumnya dan terlihat lebih lebar.

Sebelum mengagumi pesona bodinya, mari kita ketahui dulu performa mesinnya. Mazda menanamkan mesin dengan kapasitas 2.000 cc 4 silinder dengan teknologi SkyActiv khas Mazda. Mesin ini tak ada bedanya dengan generasi sebelumnya, namun dari sisi performa ada sedikit penurunan dimana pada generasi ke-4 ini hanya menyemburkan 155 dk dengan torsi 148 Nm.

eurokars-indo-launch-mazda-0336

Mazda MX-5 generasi ke-4 dalam kondisi atap tertutup | Khalida Nasution

Meskipun begitu, Mazda MX-5 ini membawa pembaharuan terhadap sistem transmisinya dimana teknologinya lebih baik dan lebih enteng. Mesinnya mampu menggeber dengan jangkauan 0-100 Km/jam hanya dalam 7,1 detik untuk transmisi manual dan 8,2 detik untuk transmisi otomatik. Namun sepertinya untuk saat ini baru ada yang manual saja di Indonesia.

Sekarang kita boleh melirik pesona bodinya, untuk desain eksteriornya sendiri mengusung konsep KODO-Soul of Motion khas Mazda dengan bagian depan yang memanjang serta bentuk whellbase yang rendah. Mazda MX-5 pun semakin melihatkan perbedaannya dengan posisi grill dan bemper yang menyatu.

eurokars-indo-launch-mazda-0382

Posisi jok yang didesain senyaman mungkin bagi pengendara | Khalida Nasution

Hadir dengan dimensi panjang 3.915 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.230 mm, Mazda MX-5 generari ke-4 memiliki ukuran lebih mungil dari sebelumnya dan tentu saja hal ini mengorbankan kelapangan bagasi. Tapi rasanya tak akan pernah menjadi masalah saat mobil sport memiliki bagasi sempit, karena memang tak akan digunakan untuk mengangkut barang.

Setelah memandangi bodi dan performa mesinnya, kini kita harus tahu apa saja fitur yang ada di dalamnya. Mazda MX-5 ini telah mengusung fitur i-Stop yang berfungsi untuk mematikan mesin setelah pengereman hingga benar-benar berhenti. Dan mesin akan kembali menyala ketika kita menginjak lagi pedal gasnya. Fitur ini akan membuat pembakaran lebih irit sekitar 5 %.

Tak lupa pula Mazda MX-5 menyematkan fitur keselamatan yang begitu banyak, yakni i-Activesense yang merupakan kumpulan fitur keselamatan khas Mazda. Fitur ini meliputi dari Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), High Beam Control System (HBC), Line Departure Warning System (LDWS), SRS Airbag dan Pedestrian Protection.

eurokars-indo-launch-mazda-0379-1

Tampilan Mazda MX-5 pada bagian belakangnya yang berkelas | Khalida Nasution

Dan yang terakhir ialah bagaimana Mazda memanjakan pengendara MX-5 dengan fitur koneksi internet yakni Mazda Connect. Fitur tersebut akan menghubungkan pengendara dengan dunia luar melalui ponsel pintarnya. Yang unik dari fitur ini ialah saat MX-5 mampu membacakan SMS yang masuk untuk pengendaranya.

Meskipun telah cukup menarik minat para pencinta mobil sport di kelas entry level, namun Mazda belum juga mengumumkan berapa harganya. Sobat lanang mungkin masih ada waktu untuk menyulap saldo rekening sebelum harganya diumumkan, namun diprediksi jika Mazda MX-5 akan dibanderol dikisaran 600 juta.

Kehadiran MX-5 jelas merupakan ancaman bagi pesaingnya yaitu BMW Z4 SDrive20i dengan banderol harga mencapai 1 miliar namun dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda.