Terkini

Memaknai Nasionalisme Dalam Kebangkitan Nasional

Tak terasa 108 tahun sudah bangsa kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional, lika-liku dan terjalnya tantangan telah dilewati dan akan masih terus terjadi. Jatuh bangun adalah hal biasa dalam dinamika sebuah kelompok masyarakat khususnya negara.

Hari lahirnya Budi Utomo yang memantik semangat persatuan bukanlah hanya sekedar pertemuan lalu kesepakatan untuk merdeka, melainkan dibangun dari sebuah rasa kesamaan dan rasa memiliki akan suatu wilayah yang pemersatu bangsa.

Ikatan nasionalisme pun tumbuh di tengah masyarakat dari kesulitan, tantangan dan rasa haus akan kemajuan untuk mencapai tingkatan yang lebih baik. Ikatan emosional yang kuat menjadikan kita satu tanpa banyak kompromi dengan prosesnya.

Eks aktivis 98, Ali Reza, mengatakan jika tak perlu jauh-jauh membedah arti nasionalisme sampai ke lembaran buku tebal jika kecintaan dan kesadaran akan perubahan itu sendiri tak ada dalam diri kita. Mungkin memang zaman telah berubah. Militansi dalam bentuk fisik pun bukanlah lagi penentu itu semua, kreativitas dan memperluas pandangan global merupakan salah satu cara baru untuk menghadapi era baru yang kita sebut globalisasi.

Menurutnya, wujud nasionalisme kita memang mulai mengalami perubahan dari yang frontal ke substansial. Tapi memang persaingan yang ketat dan perkembangan teknologi yang pesat membuat kita harus melakukan itu semua. Namun bukan berarti karena hal itu kita malu atau bahkan melupakan hal-hal yang mendasar, seperti ideologi bangsa, lagu kebangsaan dan lain sebagainya.

“Keahlian atau ketrampilan individu memang sangat penting, namun jika hanya sebatas itu, keahlian tak akan bisa mencapai tujuan tanpa adanya karakter yang kuat dari diri kita masing-masing,” Ujar Ali Reza.

Harkitnas sendiri bisa menjadi momentum untuk mengukur sejauh mana kita telah melangkah dan sebaik apa kita bergerak. Bertemakan “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter.” Harkitnas tahun ini dirayakan dengan beragam acara di berbagai daerah dan luar negeri.

Acara-acara tersebut mulai dari upacara bendera, seminar dan dialog interaktif, ziarah ke makam pahlawan sampai bakti sosial oleh semua kalangan. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!