Terkini

Memaknai Sumpah Pemuda Lewat Ekspedisi 28 Gunung

Selama 89 tahun sudah kita memperingati Hari Sumpah Pemuda sebagai momentum sejarah penting bangsa. Berbagai cara dalam memaknainya pun telah banyak berkembang, salah satunya seperti apa yang dilakukan oleh Eiger, brand adventure Indonesia yang telah mendunia.

Dalam memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, Eiger melakukan ekspedisi ke 28 gunung di seluruh Indonesia. Mulai dari Gunung Kerinci, Jambi sampai Gunung Carstensz , Jayawijaya tak luput dari ekspedisi Eiger. Nantinya para peserta ekspedisi akan membacakan teks Sumpah Pemuda dan upacara bendera di tiap puncak gunung yang didaki.

Dari rilis yang diterima Lanang Indonesia, acara ini berlokasi di markas pusat Eiger, Bandung, 28 Oktober 2017, acara ini berada di bawah komando EIGER Adventure Service Team (EAST). “Pemilihan ke-28 gunung ini sendiri memiliki alasan khusus karena mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia, mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya. Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini yang akan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya para pendaki gunung,” ucap Galih Donikara selaku Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung.

eiger2

Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan prasasti Eiger | Dok. Eiger

“Tim yang berangkat diharapkan sudah mencapai kawasan gunung yang dituju tepat tanggal 28Oktober untuk mengadakan upacara bendera sekaligus pembacaan naskah Sumpah Pemuda,” lanjut Bapak Galih Donikara.

Kegiatan ini terlihat mendapat apresiasi yang cukup tinggi, di mana Pangdam III Siliwangi Mayjend TNI Muhammad Herindra, Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Museum Rekor Indonesia Jaya Suprana hadir dalam acara ini. Ridwan Kamil sendiri hadir untuk menandatangani prasasti Eiger store, sedangkan Jaya Suprana memberikan piagam pemecahan rekor dari MURI.

eiger4

Penyerahan Rekor MURI untuk Ekspedisi 28 Gunung | Dok. Eiger

Peristiwa ini sendiri juga menjadi catatan khusus untuk Eiger. Ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan pencapaian “Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak,” ungkap Jaya Suprana – CEO & Penggagas MURI.

Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi pemuda yang lainnya dalam mengobarkan semangat sumpah pemuda di masa kini.