Olahraga

Membayangkan Honda Tanpa Marquez

Tak bisa dipungkiri lagi bro kalau Marc Marquez adalah seorang pembalap yang berada pada level berbeda, bahkan jika dibandingkan dengan pembalap top lainnya seperti Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, atau Valentino Rossi sekalipun. Dia sigap dan mampu beradaptasi dan menutupi kelemahan-kelemahan motor dengan kecerdasan dan skill yang berbanding lurus dengan ambisinya.

Bicara di kelas MotoGP, si bayi alien ini memang sudah sedari awal hanya menggunakan motor Honda yang terkenal liar. Belum pernah sekalipun pindah pabrikan dan mungkin untuk waktu yang lama akan terus berada di Honda. Sebagai pabrikan yang kaya akan back-up dan SDM, jelas sangat mudah bagi Honda untuk mempertahankan Marquez untuk tetap di kursi mereka.

“Dia selalu berevolusi dengan konstan. Beradaptasi dengan baik dengan banyak keadaan khususnya dengan motornya. Banyak orang yang tidak memperhatikan satu hal, fakta seorang pembalap bisa memenangkan balapan tidak selalu berarti mereka memiliki motor yang sempurna,” kata Alberto Puig sebagai bos Repsol Honda Team kepada Motorsport.com.

Pernyataan ini secara jelas Puig menunjukkan bahwa hingga hari ini motor Honda masih bukanlah motor terbaik, namun Marquez bisa juara. Jelas yang juara dunia bukanlah Honda, tapi marquez.

mar2

RC213V Masih belum menjadi favorit pembalap namun diselamatakan Marquez | MotoGP

Puig melanjutkan bahwa terkadang masih banyak kekurangan yang ada pada motor, namun Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang bisa menutupi kekurangan ini sementara pembalap Honda lainnya tidak bisa.

“Dia tidak pernah komplain tentang motor dan sejujurnya motor Honda sendiri masih belum ada di level juara yang sama seperti Marquez,” lanjut Puig.

Pada era 90-an adalah situasi yang berbeda di mana Honda waktu itu memiliki motor terbaik ditambah pembalap top seperti Mick Doohan dan Rossi. Namun sejak tahun era RC212V di 2007 hingga RC213V di 2012 Honda secara konstan menjadi motor yang cukup sulit dijinakkan selain Ducati.

Tebak siapa jagoan mereka di era sulit ini? Ya, Casey Stoner dan Marquez. Pembalap yang memiliki karakter sama soal motor di mana mereka berdua adalah pembalap yang mampu beradaptasi dengan motor terburuk sekalipun. Tidak percaya? Stoner menjadi satu-satunya pria yang membawa Ducati juara pada 2007 dengan motor yang diakui Rossi sebagai motor yang berantakan.

Sejahk aktif di kelas MotoGP pada tahun 2013 Marquez sudah jadi langganan juara dunia hingga 2018 di mana dirinya hanya absen pada tahun 2015. Pembalap Honda lainnya? Hingga 2018 hanya Dani Pedrosa yang bisa fight saat Marquez lemah.

Sponsored Links

Tahun 2019 ini menjadi tahun yang sangat spesial, karena Honda memiliki dua pembalap dengan title juara dunia di mana Lorenzo akan mendampingi/menyaingi Marquez dengan RC213V. Tapi yuk kembali ke esensi awal, bayangkan jika sejak tahun 2013 Honda tidak memiliki Marquez? Bubar.