Etika

Membedakan Pria Sejati dan Pria Macho

Dalam kamus arti dari kata macho sendiri adalah seorang pria yang secara agresif bangga dengan maskulinitasnya, sedangkan pria sejati lebih ke arah protagonis sebagai seorang pria yang paham bagaimana bersikap, sopan dan penuh pertimbangan. Menariknya entah kenapa di Indonesia dua jenis pria yang sebenarnya seperti bumi dan langit ini sering diartikan sama.

Bagi kalian yang sudah merasa ada di posisi pria sejati sebaiknya membaca artikel ini sampai tuntas, karena jangan-jangan selama ini kalian berada di pihak pria macho. Berikut ini beberapa situasi yang bisa mengindikasikan kalian pria macho atau pria sejati.

Senggolan Kendaraan di Jalan Raya

Pria Macho: Dengan serta merta akan merasa benar sendiri lalu memarahi pengendara lain. Ketika pengendara tersebut ikut marah maka pria macho akan segera menawarkan street fight atau pertarungan di jalan.

Pria Sejati: Dengan serta merta akan menanyakan keadaan pengendara lain dan meminta maaf tanpa peduli siapa yang salah.

Dengan Wanita

Pria Macho: Akan membeberkan cerita-cerita heroiknya seperti "Gunung di Indonesia sudah habis kudaki loh, aku pernah berenang dari Merak ke Bakauheni loh dll."

Pria Sejati: Cenderung apa adanya dan lebih mendahulukan sang wanita bercerita tentang dirinya. Pria memang alami lahir sebagai pendengar yang sabar.

Saat Nongkrong

Pria Macho: Dua pilihan, dominan dengan cerita-cerita heroik atau diam misterius tapi minta diperhatikan misal dengan angkat barbel di pojokan (sudah niat bawa barbel dari rumah).

Pria Sejati: Membaur dan menempatkan diri setara dengan kawan-kawannya. Tidak lebih tinggi, tidak lebih rendah, setara.

Saat Keadaan Darurat

Pria Macho: Insting superhero-nya akan menyala keras namun diikuti dengan keberanian yang setengah-setengah. Pada beberapa kasus ada yang mendadak terlihat aslinya jika ternyata pengecut.

Pria Sejati: Bertindak cepat dengan keberanian yang nyata. Pria sejati normal memiliki kesehatan mental yang baik sehingga bisa tetap tenang dalam kondisi genting.

Itulah sedikit dari banyak cara untuk bisa membedakan apakah kalian pria macho atau pria sejati. Pada intinya pria macho lebih ingin dilihat aksinya, mendapatkan pujian "wah keren!" adalah sebuah pencapaian terakhir mereka. Di pihak lain pria sejati lebih ingin terlihat normal tanpa berharap apa-apa dari aksi-aksinya. Lalu di pihak manakah kalian?