Traveling

Memetik Strawberry Di Sejuknya Lereng Gunung Merbabu

Siapa yang tak tahu strawberry, buah mungil berwarna merah yang punya rasa manis sedikit asam dengan bentuknya yang unik. Sobat lanang pasti pernah merasakan buah yang satu ini.

Selama ini mungkin kita hanya tahu jika strawberry dapat dinikmati langsung dari kebunnya hanya ada di Ciwidey, Bandung. Tapi siapa sangka, kota Candi seperti Magelang, Jawa Tengah, ternyata menyimpan puluhan hektare kebun strawberry yang siap dipetik oleh wisatawan.

strawberry2

Strawberry yang telah siap dipetik di perkebunan Banyuroto, Magelang | Andika Aditia

Tim Lanang Indonesia pun berkesempatan untuk memetik langsung di sentra perkebunan strawberry, tepatnya di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Magelang. Butuh waktu tempuh 1 jam dari Kota Yogyakarta untuk bisa sampai ke lokasi ini. Hawa sejuk pun langsung menyapa ketika kita memasuki area perkebunan yang memang berada di lereng Gunung Merbabu.

Perkebunan strawberry ini sendiri mulai ada sejak tahun 2004, dengan lahan percobaan seluas 1 hektare. Salah satu petani strawberry, Yanto (41), mengaku jika bibit strawberry ini didatangkan dari Bandung yang kemudian dibudidayakan oleh petani setempat.

strawberry4

Hutan Pinus Kragilan, Magelang, yang sejuk dan tak jauh dari pusat kota | Andika Aditia

Untuk memetik strawberry sebanyak satu kilogram wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 60 ribu saja. Selain memetik strawberry, para wisatawan juga bisa mengambil foto pemandangan yang memang indah.

Tak hanya kebun strawberry, sobat lanang pun bisa menikmati suasana yang hening di hutan pinus Kragilan yang tak jauh dari lokasi, cukup dengan Rp 3 ribu, sobat lanang sudah bisa merasakan tenangnya hutan pinus di lereng Gunung Merbabu.

strawberry5

Jembatan payung yang ada di hutan pinus Kragilan sangat cocok untuk berfoto | Andika Aditia

Pihak pengelola pun menyediakan beberapa fasilitas untuk memanjakan pengunjung hutan pinus, seperti jembatan paying, tangga selfie dan deretan webbing yang kokoh. Tertarik untuk berkunjung kesini?