Tekno Otomotif

Memilih Helm Sesuai Karakter Motor Lo

Mungkin sebagai pengendara motor kita sudah mengerti jika helm adalah perlengkapan terpenting selama mengendarai motor. Lalu sudah tepat atau belum helm yang Anda gunakan dalam berkendara? Mari kita bahas satu-persatu jenis helm dan fungsinya sesuai dengan motor yang kalian kendarai.

Helm Full Face

Helm full face terdiri dari beberapa model yang bisa disesuaikan dengan motor apa yang Anda pakai. Ada jenis road race, supermoto dan trail. Ketika menggunakan motor besar menengah ke atas yang beraura race look sebaiknya menggunakan helm road race.

Helm full face bergaya supermoto bisa dipakai hampir semua jenis motor besar naked walaupun sejatinya helm ini dikhususkan untuk pengguna-pengguna motor supermoto. Di lain pihak helm bergaya trail hanya cocok untuk pengguna motor trail saja. Selain itu helm model ini biasanya tidak memiliki kaca built in yang memaksa penggunanya membeli google secara terpisah.

Helm Modular (semi full face)

Helm modular atau helm semi full face ini menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menggunakan helm full face tapi tetap bisa dibuka bagian pelindung mukanya. Maksud dari dibuatnya helm modular ini adalah untuk orang-orang yang ingin tetap bagian wajah bisa terlindung namun di suatu waktu bisa menjadi helm open face.

Helm modular lebih cocok digunakan untuk motor besar touring yang tidak beraura klasik seperti Honda Goldwing, Yamaha FJR1300 ataupun Triumph Trophy.

Helm Open Face

Helm open face merupakan helm paling terakhir yang mungkin sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan pada motor apa pun. Kemampuan proteksi helm jenis ini sangat rendah di mana bagian muka Anda bisa dengan mudah terhantam jika terjadi kecelakaan.

Helm open face murni digunakan untuk keperluan gaya bagi pengguna-pengguna motor klasik. Selain itu produksi helm semi open face terus menjamur di Indonesia karena peminatnya yang terus bertambah. Jika Anda masih berkendara dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam sebaiknya lupakan menggunakan helm open face kecuali sudah siap dengan segala risikonya.