Gaya Lanang

Memilih Jas Pertama. Apa Saja Yang Diperhatikan?

 

Membeli stelan jas harus memiliki insting tajam. Dan setiap pria wajib memiliki insting ini karena stelan jas adalah pakaian pria yang tidak dipakai wanita. Ini diciptakan untuk pria jadi paksa sedikit diri Anda untuk memiliki “rasa” dalam memilih stelan jas. Untuk Anda ketahui, stelan jas adalah pakaian satu stel yang terdiri dari jaket dan celana dalam warna dan bahan yang sama. Biasanya juga disebut suit.

Untuk pemula, yang baru pertama kali membeli stelan jas, ada banyak sekali hal penting yang harus diperhatikan. Ini adalah investasi lemari pakaian Anda, karena memang stelan jas bukan barang yang murah, jadi jangan pernah salah dalam memilih stelan jas.  Dari berbagai aturan memilih dan membeli, Lanang Indonesia akan memberikan 5 kunci paling penting.

Ukuran

Pastikan ukuran stelan jas sesuai dengan tubuh. Perhatikan panjang lengan. Jangan melebihi pangkal pergelangan tangan karena ujung kemeja harus terlihat sekitar 2 cm dari dalam. Panjang jas juga jangan melebihi ujung jempol saat Anda meluruskan tangan disamping badan. Begitu juga panjang celana. Jangan biarkan kerutan menumpuk dibawah seperti celana yang kepanjangan sehingga menutup sepatu. Ini sangat penting kalau tidak ingin dikatakan meminjam pakaian teman atau celana kulot kakak wanita Anda.

Lapel

Lapel adalah kerah jas. Ukurannya harus disesuaikan dengan ukuran kemeja. Jangan memakai kemeja berkerah besar dengan jas berlapel skinny atau kecil begitu juga sebaliknya. Untuk pemula sebaiknya pilih dulu yang berukuran normal sehingga mudah mencari pasangan kemejanya.

Kancing

Stelan jas bergaya modern bisanya memiliki kancing paling banyak 3 buah. Jas berkancing satu biasanya digunakan pada stelan tuxedo yang resmi. Untuk mengancingkan jas ini juga ada aturannya. Anda tidak harus mengancingkan semua kancing, cukup satu kancing paling atas karena kancing kedua hanya sebagai aksen

Motif dan Warna

Pilih warna netral seperti biru tua dan abu-abu. Ini adalah warna paling aman. Anda bisa memecahnya menjadi beberapa tampilan kasual hingga formal dengan cara menukan celana dan dalaman jas.  Usahakan untuk tetap memasangkan dengan kemeja berwarna terang seperti putih dan biru muda.

Bahan dan Lining

Ini adalah hal yang paling namun sering dilupakan. Stelan jas terlihat bagus diluar karena material dan lapisan bagian dalam ( lining ) yang bagus. Bahan yang paling bagus untuk membuat jas adalah bahan yang mengandung wool. Campuran wool pada kain akan membuat tampilan jas menjadi sempurna di badan. Satu hal yang harus diingat, pada saat memakai stelan jas, stelan jas tersebut akan mengoreksi kekurangan tubuh bukan memperburuk penampilan.

ARTIKEL TERKAIT