Grooming

Memilih Pomade Water atau Oil Based?

Pomade sudah menjadi produk rambut yang sangat populer di kalangan pria saat ini. Kalian tentu setidaknya pernah menata rambut dengan pomade baik dengan merek mainstream, hingga produk karya anak bangsa seperti Chief Pomade.

Seperti mereknya yang bervariasi, bahan dasar pomade juga beragam. Air dan minyak adalah dua pilihan populer sebagai basis produk ini. Mana yang lebih baik?

Lanang Indonesia menanyakan hal ini langsung kepada co-founder Chief Company, Fatsi Anzani Hakim. Menurutnya, keduanya memiliki kelebihan dan keistimewaan tersendiri. Dengan kata lain, kalian tak bisa membandingkannya. Ternyata fungsinya yang harus disesuaikan dengan kebutuhan gaya rambut.

Durabilitas, tekstur, efek kilap dan kerapian maksimal ditentukan oleh bahan pomade. Untuk gaya rambut yang rapi dalam waktu lama dengan kilap, pomade berbahan dasar minyak adalah solusi. Cocok untuk penampilan profesional atau bisnis.

Pomade jenis ini juga sesuai untuk gaya rambut undercut dan wet look. Setel gaya rambutmu pagi hari, ia akan bertahan hingga malam. Pokoknya, hujan badai tak akan mengusik kerapian sisiranmu.

Sponsored Links

Sebaliknya dengan pomade berbahan dasar air. Memakainya mungkin rambutmu masih tampak bersinar, namun tidak mengilap. Rambut rapi namun kering dan natural adalah hasil utama dari pomade berbahan dasar air.

Dengan pomade ini rambut juga terlihat lebih tebal karena dibiarkan mengembang.  Untuk menata ulangnya pun mudah. Cukup dengan tangan yang basah, tatanan rambut bisa dibentuk kembali tanpa meninggalkan rasa lengket di tangan.  Mudah pula dibersihkan saat keramas.

Jika rambut kalian termasuk tipis, maka pomade berbahan dasar minyak akan membuatnya tampak semakin lepek. Oleh karena itu, pilih pomade berbahan dasar air yang lebih bebas membiarkan rambut mengembang sehingga tampak lebih tebal.

Jika jenis rambut kalian kering, pomade berbahan dasar minyak sah-sah saja menempel di rambutmu. Sebaliknya, pilih pomade berbahan dasar air supaya ketombe tak menghampiri karena kelebihan minyak pada kulit kepala.

Nah, dengan mengetahui keistimewaan dan fungsi kedua pomade berbahan dasar yang berbeda tersebut, kalian bisa memanfaatkannya sesuai jenis dan gaya rambut masing-masing.