Grooming

Memilih Sabun Berdasarkan Jenis Kulit

Secara umum kulit pria memang lebih kasar dan tak sensitif seperti kulit wanita. Namun hal itu bukan berarti kita mengabaikan perawatan untuk kulit. Salah satunya adalah memilih jenis sabun saat mandi, banyak pria kurang memperhatikan hal ini.

Lanang Indonesia pun secara khusus akan membantu kalian untuk memilih jenis sabun yang sesuai. Check it out!

Kering

Jika kulit anda memproduksi sebum atau kelenjar minyak sedikit maka akibatnya adalah kulit kering dan kurang kelembapan. Sabun dengan kandungan gliserin adalah pilihan terbaik untuk jenis kulit ini karena bisa menjaga kelembaban kulit hingga beberapa jam. Disarankan pula untuk menggunakan pelembab setelah mandi untuk menjaga kadar lembab tetap terjaga.

Berminyak

Jenis kulit ini kebalikan dari kulit kering. Ini akan terjadi pada orang yang memiliki kulit dengan kelenjar sebasea lebih produktif sehingga kelenjar minyak   yang dikeluarkan lebih banyak. Sabun untuk jenis kulit ini disarankan memiliki kandungan Asam glikolat dan asam salisilat karena dapat mencegah timbulnya jerawat di punggung atau dada. Kulit jenis ini juga sangat rawan mengalami jerawat.

Normal

Meski jenis kulit ini memiliki kandungan minyak yang seimbang bukan berarti boleh asal-asalan memilih sabun. Gunakan sabun yang bisa menjaga kelembaban kulit dengan baik. Karena kondisi kulit yang normal bisa saja berubah karena perawatan yang salah.

Mudah Iritasi

Jika kulit anda mudah mengalami gatal-gatal atau iritasi karena debu atau sinar matahari yang berlebihan berarti kulit anda termasuk sensitif. Dilarang keras untuk menggunakan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia keras seperti deodorant, anti-bakteri, asam salisilat dan scrubbing. Carilah sabun dengan kandungan pelembab dan ph yang rendah. Untuk mengeringkan kulit seperti ini pun dilarang menggunakan kain yang bertekstur kasar, cukup dengan tangan atau kain berbahan lembut.