Olahraga

Menanti Semifinal Piala Dunia 2018, Dua Kuda Hitam Penantang

Perhelatan Piala Dunia 2018 sudah memasuki fase semifinal. Rusia sebagai tuan rumah yang tangguh harus terhenti langkahnya untuk memasuki babak semifinal setelah kalah dari Kroasia lewat drama adu penalty. Begitu pun The Selecao alias Brazil yang ditaklukan 2 gol tanpa balas oleh sang kuda hitam Belgia.

Kini hanya tinggal 4 negara tersisa untuk berebut mengangkat trofi emas piala dunia, yakni Prancis vs Belgia, dan Kroasia vs Inggris. Piala Dunia 2018 ini begitu banyak memberi kejutan, tumbangnya tim-tim raksasa dan kuda hitam yang mengisi semifinal juga menjadi catatan tersendiri jika peta kekuatan sepak bola dunia telah berubah. Tak lagi melulu Negara top seperti Brazil, Jerman, Argentina, Spanyol, apalagi Italia dan Belanda.

Nanti pukul 01:00 dini hari, (11/7/2018), Laga semifinal akan dibuka oleh laga Prancis vs Belgia, Les Blues – julukan Prancis akan menghadapi kuda hitam yang begitu tangguh. Win back atas Jepang dan menekuk Brazil tanpa gol balasan menjadi catatan buruk bagi Kompany dkk.

Pertandingan yang digelar di Stadion Saint Petersburg ini memiliki fakta-fakta unik tersendiri, apa saja?

·       Pertandingan ini menjadi penampilan kedua Belgia di semifinal, di mana yang pertama terjadi pada 1986 dan dikalahkan oleh Argentina.

·       Thierry Henry yang merupakan legenda sekaligus pencetak gol terbanyak kedua untuk Prancis kini menjadi asisten pelatih Belgia, pertemuan ini tentu membuat Thierry Henry terbelah hatinya.

·       Pertandingan ini merupakan peta kekuatan yang sama namun terbelah, faktanya 8 pemain Belgia dan 8 pemain Prancis berada di klub yang sama; sebut saja Olivier Giroud (PRA), Ngolo Kante(PRA), Eden Hazard (BEL), dan Thibaut Courtois (BEL) sama-sama bermain untuk Chelsea. Paul Pogba (PRA), Marouane Fellaini (BEL) dan Romelu Lukaku (BEL) bermain di Manchester United. Benjamin Mendy (PRA), Vincent Kompany (BEL), dan Kevin de Bruyne (BEL) bermain di Manchester City. Ousmane Dembele (PRA), Samuel Umtiti (PRA), dan Thomas Vermaelen (BEL) bermain di Barcelona. Lalu ada Thomas Lemar (PRA), Djibiril Sidibe (PRA) dan Youri Tielemans (BEL) yang bermain untuk Monaco.

·       Pertandingan ini juga merupakan derby terhebat dalam Piala Dunia, bagaimana tidak, Belgia secara batin sebenarnya masih merasa bersaudara dengan Prancis. Bahasa Prancis menjadi bahasa ibu dibanyak wilayah Belgia, termasuk Brussel yang merupakan ibu kota Belgia. Kondisi politik lah yang memisahkan mereka.

Diluar semua fakta unik tersebut, pertandingan Kroasia vs Inggris juga tak kalah seru. Pertandingan yang akan digelar pada Kamis, 12/7/2018, pukul 01:00 dini hari di Stadion Luzhniki ini juga menyajikan banyak fakta menarik. Salah satunya adalah kerinduan keduanya yang sudah lama tak berhasil masuk semifinal. Tunggu ulasan menarik Kroasia vs Inggris di artikel berikutnya bro!