Olahraga

Menatap Prestasi Bulu Tangkis Indonesia Di India Open

India sebagai Negara yang disebut menjadi tempat asal olahraga Bulu Tangkis atau Badminton kembali menggelar India Open 2018. Kejuaraan yang akan berlangsung di New Delhi itu berlangsung di Siri Fort Indoor Stadium, pada 30 Januari-4 Februari 2018. Sejauh ini Indonesia telah sukses mengirimkan 9 wakilnya di babak 16 besar yang akan bertanding hari ini, Kamis (1/2/2018).

Di babak perdelapan final, Indonesia mengirim sembilan wakil untuk lima nomor, yakni tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Pasangan Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan, menang atas wakil tuan rumah, Krishna Prasad Garaga/Dhruv Kapila dua gim langsung 25-23, 21-9, pada 31 Januari 2018.

Untuk nomor tunggal putra, Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan bertanding melawan pebulu tangkis tuan rumah Sameer Verma. Sedangkan di nomor tunggal putri, Lyanny Alessandra Mainaky akan melawan unggulan ketujuh turnamen ini, yaitu Yip Pui Yin asal Hong Kong. Lalu nomor ganda putra, Marcus Fernandi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Angga Pratama/Rian Agung Saputro menjadi wakil Indonesia di babak dua.

Untuk ganda putri sendiri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris berhasi menang dengan mudah di babak satu. Rizki/Della menghentikan wakil tuan rumah Deeksha Choudhary/Deepali Gupta dan Greysia/Apriyani mengalahkan Harika Veludurthi/Karishma Wadkar pasangan asal India.

Namun saking banyaknya wakil Indonesia di India Open 2018, membuat dua wakil Indonesia harus saling berhadapan di babak 16 besar. Pasangan Ricky Karandasuwardi/Debby Susanto akan bertanding melawan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di nomor ganda campuran.

badminton2

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil menyingkirkan pasangan perak Olimpiade di India Open 2018 | Dok. PBSI

Dalam pertandingan hari ini wakil Indonesia, Tommy Sugiarto akan melawan Sameer Verma (India) di nomor tunggal putra. Lalu Marcus Fernandi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash (Thailand), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan), dan Angga Pratama/Rian Agung Saputro vs Chun Kang Shia/Wee Gieen Ta (Malaysia) yang akan bertanding di nomor ganda putra.

Sponsored Links

Sedangkan untuk tunggal putri nama Lyanny Alessandra Mainaky akan melawan Yip Pui Yin (Hong Kong). Lalu Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Deeksha Choudhary/Deepali Gupta (India), dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris vs Harika Veludurthi/Karishma Wadkar (India) di nomor ganda putri. Untuk ganda campuran sendiri Ricky Karandasuwardi/Debby Susanto akan meladeni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, di mana keduanya merupakan wakil Indonesia.

Untuk sektor tunggal baik putra maupun putri Indonesia memang tidak banyak mengirimkan perwakilan. Ini karena Indonesia sedang fokus persiapan bermain di ajang Badminton Asia Team Championships 2018. Selain itu, ajang ini juga menjadi tempat reuni kembali pasangan fenomenal Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Ini merupakan turnamen pertama mereka setelah terpisah sekitar satu setengah tahun lalu.

Kemenangan diberbagai nomor untuk ajang ini sangatlah penting, terutama di nomor ganda putra, mengingat Indonesia sedang mengumpulkan poin untuk berlaga All England dan Indonesia Open. Tak hanya itu, hasil dari turnamen ini juga bisa menentukan peta kekuatan tim bulu tangkis Indonesia di Piala Thomas dan Asian Games. Apakah Indonesia mampu meraih hasil terbaik? Mari kita dukung bersama.