Sukses

Mencegah Pacaran Menguras Dompet

Bisa dibilang memiliki pacar adalah salah satu sarana kita latihan memiliki tanggung jawab. Sebuah poin penting yang akan kita emban setelah menikah nanti. Namun tidak sedikit pria yang justru kewalahan secara finansial karena pacaran itu sendiri.

Bukan soal pasangan yang matrealis, tapi terkadang masalah ini datang karena memang kita sendiri yang kebanyakan gaya. Biar tekor asal kesohor, sebuah istilah yang dialamatkan kepada orang yang lebih mengutamakan image walau harus boros. Lalu apa yang bisa kalian rem?

Batasi Kencan

Remeh mungk in, tapi jika sering ya jadinya banyak juga bro. Biasanya pilihan kencan kita ada yang hanya dinner saja atau nonton + dinner. Sebulan dua kali mungkin masih oke-oke saja, tapi jika setiap weekend ya silahkan saja dihitung. Berasumsi untuk dinner berdua kita bisa keluar Rp 150.000 dan nonton berdua setidaknya Rp 100.000.

kado

Tidak perlu mahal, yang penting bisa membuat dia senang | Pixabay

Negosiasi Budget Kado

Siapa sih yang tidak ingin memberikan kado terbaik untuk pasangan, tapi ingat ya bro semua itu tak harus berkaitan dengan harga yang mahal. Untuk sesaat, orientasi harga mungkin akan membuat mereka senang, tapi jika barangnya tidak fungsional ya buat apa?

Hindari LDR

Pacaran jarak jauh selain tidak efektif karena menguras perasaan ternyata juga bisa menguras dompet kalian bro. Jarak tak pernah bisa digantikan, minimal kalian harus bertemu sebulan sekali. Dan walau sudah banyak tikep pesawat murah, setidaknya Jakarta-Australia masih Rp 5 jutaan kalau ada diskon. Jika memang tidak terpaksa-terpaksa betul ya sebaiknya hindari LDR lah bro.

ldr

Mau bagaimanapun LDR itu tidak cuma berat di hati bro | Pixabay

Liburan Hemat

Liburan memang penting tapi bukan berarti kalian harus mencari destinasi mahal demi terlihat keren bersama pasangan. Masih banyak kok lokasi dalam negeri yang jelas-jelas lebih eksotik dibandingkan destinasi luar negeri tanggung di sekitaran Asia Tenggara.

Kurangi Ongkos Ngehits

Hari ini sudah menjadi tren di dalam kehidupan sosial tentang hunting lokasi-lokasi yang sedang up to date. Banyak orang yang mengunjungi restoran karena sedang hits, bukan karena rasanya. Dan jika diikuti terus ternyata biaya untuk ngehits ini lumayan juga loh bro. So, kendalikan diri kalian dalam bersosial digital.

sosial

Kurangi mental ABG dengan sedikit-sedikit ngehits | Pixabay

Itu dia setidaknya lima cara yang bisa membuat pengeluaran pacaran kalian lebih terukur. Pria berkualitas adalah pria yang memiliki pengelolaan keuangan baik, so be a good one bro!