Motor-mobil

Mengenal Ban Tanpa Udara Inovasi Terbaru

Siapa dari kita yang tak tahu ban? Pasti semua tahu, ban merupakan komponen pada kendaraan darat yang sangat penting. Tanpa ban mungkin mobil atau motor kita hanya menjadi mesin las yang mengeluarkan percikan saat dijalankan.

Telah ada hampir dua abad silam keberadaan ban pun mengalami banyak perkembangan, mulai dari bentuk sampai ukuran dan juga fungsinya. Kini inovasi terbaru yang paling mutakhir soal ban ialah ban tanpa udara, bagaimana bentuknya?

airless-tires-bridgestone

Ban Airless Tires untuk sepeda milik Bridgestone | Dok. Gizmodo

Ban tanpa udara ini sendiri biasa disebut dengan Airless Tire, sejauh ini baru 4 produsen yang berani mengembangkan jenis ban ini, yaitu Bridgestone, Polaris, Yokohama dan Michelin. Ban ini terdiri dari kisi-kisi berupa plastik kaku yang berfungsi sebagai fleksibelitas gerakan kendaraan di jalan dan juga menjaga bentuk lingkaran pada ban.

Konsep ban tanpa udara dimulai sekitar 1 dekade terakhir. Berawal dari ide untuk menciptakan ban yang anti-bocor, ban ini diklaim memiliki beberapa keuntungan seperti meredam guncangan lebih halus, tak ada masalah dengan kempes dan murah perawatan.

Selain itu ban ini dipercaya akan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya akibat ban pecah, serta mampu membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien dari sebelumnya.

Sponsored Links

michelin-airless-tires2

Ban Airless Tires milik Michelin | Dok. Michelin

Bridgestone sendiri mengatakan jika ia akan mempersiapkan ban yang telah beberapa kali diuji coba ini. Bridgestone menargetkan pada tahun 2019 ini ban ini sudah mulai dijual kepasaran, karena produsen ban asal Jepang ini berusaha agar ban Airless Tire miliknya bisa menjadi ban resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Penasaran untuk menggunakannya di kendaraan kita? Pertanyaannya sampai saat ini belum ada desas-desus tentang kehadiran ban tersebut di Indonesia. Kita tunggu saja guys.