Kuliner

Mengenal Kuliner Thailand Lewat Lomba Masak

Setiap tahunnya Tourism Authority of Thailand (TAT) Indonesia bekerjasama dengan salah satu media kuliner di Jakarta, menyelenggarakan beragam lomba yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Thailand.

Kuliner menjadi poin utama yang selalu ditampilkan untuk dipromosikan dalam setiap lomba. Dan tahun ini diadakan Thai Food Cooking Contest bersanding dalam acara Jakarta Fashion and Food Festival 2018 di Kelapa Gading.

dsc09923-620x424

“Masakan Thailand sudah umum di lidah masyarakat Indonesia. Kami ingin membuat kuliner Thailand semakin dikenal dan disukai di sini (Indonesia, red),” ungkap Busakorn Prommanot,  Director of Tourism Authority of Thailand Jakarta Office saat diwawancarai LanangIndonesia usai acara0.

Hadiah yang diberikan pun tidak jauh dari kuliner, yaitu perjalanan wisata kuliner gratis ke Bangkok dan Phuket selama 5 hari 4 malam untuk 6 pemenang. Mencicip Tom Yam dengan citarasa autentik di restoran ternama di Thailand, menjadi bagian dalam jadwal wisata kuliner nanti.

Dalam lomba yang dibagi dua sesi yaitu tanggal 14 dan 28 April 2018 di La Piazza, Kelapa Gading. Setiap sesi lomba yang dibatasi 50 orang, para peserta diwajibkan membuat satu sajian Tom Yam dan satu sajian bebas dari dapur Thailand dengan waktu 60 menit.

dsc09891-620x424

Kriteria yang diunggulkan adalah rasa, teknik memasak dan tampilan. “Kami memberikan nilai 60 poin untuk hidangan Tom Yam dan 40 poin untuk hidangan pilihan peserta. Untuk rasa autentik Tom Yam didominasi asam dari air jeruk nipis, asin dari kecap ikan dan sedikit pedas dari cabai kering. Bahan bumbu utama dalam kuahnya adalah irisan lengkuas, batang serai yang dimemarkan dan daun jeruk purut.” terang Busakorn.

dsc09897-620x424

Untuk mendapatkan pemenang yang mampu memasak Tom Yam dengan teknik dan rasa autentik, selain Busakorn dihadirkan pula beberapa juri langsung dari Thailand diantaranya Weerawat Swasdibutra, General Manager of Thai Airways Indonesia Office,   Peraphon Prayooravong, Vice President of Charoenpokphand Indonesia, Nithapon Senavongse, Vice President Deputy General Manager Bangkok Bank, dan Chatree Thaweesaksiri, Consultant Thai Business Club Indonesia.

Tiga orang pemenang sudah didapat di sesi pertama, masih ada sesi kedua di tanggal 28 April untuk tiga pemenang berikutnya. Mau mencoba ikut bro?