Tekno Otomotif

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Sensor

Kecerdasan seseorang secara tidak langsung telah menaikkan derajat manusia. Salah satunya lewat teknologi sensor. Banyak kecanggihan teknologi sensor yang tak disadari ternyata butuh proses penuh lika-liku sampai jadi sebuah terobosan baru.

Apa sajakah teknologi tersebut dan bagaimana perkembangannya? Lanang Indonesia merangkumnya spesial untuk Anda.

Thermal

Sensor yang digunakan untuk mendeteksi gejala perubahan panas/temperature/suhu pada suatu dimensi benda atau dimensi ruang tertentu. Beberapa benda yang menggunakan sensor ini adalah bimetal, termistor, termokopel, transistor, photo dioda, photo multiplier, photovoltaik dan infrared pyrometer.

Mekanis

Sensor ini mendeteksi perubahan gerak mekanis, seperti perpindahan atau pergeseran suatu benda, baik secara lurus, melingkar, memiliki tekanan, aliran bahkan levelnya. Beberapa benda yang menggunakan sensor ini adalah strain gage, linear variable deferential transformer (LVDT), proximity, potensiometer, load cell dan bourdon tube.

Optik

Sensor optik atau cahaya adalah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya dari sumber cahaya, pantulan ataupun bias cahaya yang mengenai benda dan ruangan. Sensor ini bisa dibilang yang paling terbaru dan tercanggih untuk saat ini, bahkan sudah ada inovasi teknologi sensor fiber optik yang lebih mutakhir. Beberapa benda yang menggunakannya adalah photo cell, photo transistor, photo diode, photo voltaic, photo multiplier dan pyrometer optic.

Perkembangan teknologi sensor di atas bukan hanya memberi kemudahan tapi juga penanda zaman mulai dari barang elektronik sampai kendaraan. Misalnya, kalau 2000an pasti mengirim data lewat infrared, itu pun harus berdekatan dan sejajar. Begitu juga dengan kamera yang mengabadikan pose-pose terbaik Anda juga tak akan bagus hasilnya jika tak ada teknologi ini.

Selain itu, acara nonton film biru di kamar secara gerilya juga tak akan seindah yang Anda lihat jika teknologi ini tak ada. Bisa dibayangkan jika menonton film biru namun dihiasi garis-garis piksel, hampir dipastikan jika syahwat akan lemas terkulai dengan sendirinya.