News

Mengenal Lebih Jauh Fenomena Equinox

Apakah sobat lanang merasa akhir-akhir ini matahari kurang bersahabat, jika ya, maka sangatlah wajar mengingat saat ini Indonesia akan mengalami fenomena alam Equinox. Fenomena apakah itu? Berbahayakah?

Fenomena Equinox sendiri adalah salah satu fenomena dimana matahari akan melintasi garis khatulistiwa. Menurut Kepala Humas BMKG Hary Djatmiko, secara periodik peristiwa equinox akan berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September 2017.

BMKG sendiri menghimbau publik untuk tidak panik karena Equinox adalah fenomena yang terjadi dua kali secara periodik tiap tahunnya dan tak selalu mengakibatkan peningkatan suhu secara drastis.

Beberapa hari terakhir memang seperti kita ketahui beredar informasi hoax yang beredar di pesan singkat dan media sosial jika di Indonesia akan terjadi equinox disertai dengan peningkatan suhu mencapai 40 derajat Celsius. Hal in jelas membuat masyarakat panik, apalagi untuk mereka yang sedang menjalani program pemutihan kulit.

Menurut BMKG, fenomena Equinox bukanlah fenomena seperti Heart Wave yang biasa terjadi di daerah Afrika dan Timur Tengah dimana dapat mengakibatkan kenaikan suhu secara signifikan dalam waktu yang relatif lama. Saat Equinox terjadi mungkin memang akan ada kenaikan suhu tapi hanya sekitar 32 sampai 36 derajat Celsius, bukan 40 derajat Celsius seperti isu yang ramai dibicarakan masyarakat luas.

Jadi buat sobat lanang tak perlu lagi panik. Yang perlu kita ingat adalah selalu meningkatkan daya tahan tubuh dengan hidrasi yang cukup dan menjaga lingkungan yang kita cintai.