Gaya Hidup

Mengenal Mainan Besi Diecast Dari Skalanya

Mengoleksi suatu benda memang hal yang mengasyikkan, salah satunya adalah diecast, mainan besi yang menyerupai bentuk aslinya. Benda yang satu ini telah memikat banyak orang untuk mengumpulkannya walau harus merogoh kantong dalam-dalam.

Mengoleksi diecast sendiri banyak macamnya, ada yang mengoleksinya berdasarkan merek ataupun skala. Dalam hal ini ternyata skala tiap diecast punya perbedaan yang mendalam, bukan hanya soal ukuran.

1:12

Skala ini memiliki model yang sangat detail dan sangat besar. Biasanya memiliki panjang sekitar 14-15 inci atau 36-38 Cm. Model ini umumnya memiliki harga yang lebih tinggi daripada skala lainnya. Banyak sepeda motor diecast juga diproduksi dalam skala ini.

1:18

Model yang satu ini biasanya memiliki panjang sekitar 7-8 inci atau 18-20 cm. Amerika merupakan pasar utama untuk skala ini, meskipun beberapa perusahaan Eropa dan Australia juga memproduksi mobil bahkan truk dalam skala ini.

skala3

Diecast Toyota FJ40 dalam skala 1:18 yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo 2016 | Andika Aditia

1:24

Skala ini telah lama menjadi skala favorit di Amerika Serikat, karena banyaknya mainan konstruksi dan model promosi dibuat dalam skala ini. Skala 24 juga sering dianggap sebagai skala yang tanggung karena ukurannya yang ada di antara skala 1:18 dan 1:43.

Skala 1:24 pun sering dijadikan sebagai alternatif untuk koleksi oleh para pemula karena ukuran dan harganya yang masih terjangkau.

1:32

Skala ini bisa dibilang memilih ukuran di kelas menengah, paling umum digunakan untuk model traktor dan kendaraan pertanian lainnya. Inggris sendiri telah menggunakan skala ini selama beberapa dekade terakhir dan juga digunakan oleh produsen diecast seperti Ertl dan Siku . Banyak mobil dengan model vintage juga cukup umum dibuat dalam skala 1:32.

1:64

Skala 1:64 adalah skala yang paling populer untuk diecast di antara skala yang lainnya. Skala ini paling mudah untuk dijumpai di pasaran, bahkan beberapa supermarket. Tak hanya untuk dijadikan koleksi, namun diecast skala ini sering menjadi mainan untuk anak-anak.

skala2

Berbagai produk diecast dalam skala 1:64 yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo 2016 | Andika Aditia

Banyak brand yang telah dikenal karena memproduksi diecast dalam skala 1:64, seperti Matchbox, Hot Wheels, Johnny Lightning. Bahkan beberapa perusahaan dari Jepang, seperti Kyosho, Aoshima, dan CM’s Corp beberapa tahun terakhir telah memproduksi diecast skala 1:64 dengan sangat detail.

Itulah beberapa skala yang populer untuk diecast. Sebenarnya masih banyak skala yang digunakan pada diecast, mulai dari skala 1:12 sampai skala 1:150. Bagaimana sobat lanang, sudah siap untuk mengoleksi diecast?