Gaya Hidup

Mengupas Kemang Jakarta Selatan Dari Seni dan Sejarah

Dimensi waktu akan membawa kita semua ke dalam perubahan, baik buruknya tinggal bagaimana kita mengisinya. Waktu adalah benda 1 dimensi yang punya kekuatan besar dalam menginspirasi banyak orang dan mempengaruhinya.

Hal itu pula yang tergambar secara jelas dalam salah satu karya seni yang dipamerkan di ICAD 2016 Seven Scenes, Grand Kemang Hotel, Jakarta. Karya yang digagas oleh komunitas yang menamai dirinya Kemang RT/RW ini mengarsipkan segala macam perkembangan wilayah Kemang sejak tahun 1950 sampai sekarang.

kemang-rtrw3

Komunitas masyarakat Betawi Manggar Kelape rutin menggelar Festival Palang Pintu | Andika Aditia

Dalam karya ini terlihat jelas bagaimana sosiologi dan budaya kehidupan yang membentuk Kemang dari waktu ke waktu. Mulai dari masyarakatnya, komunitas hingga peradaban modern yang masuk dan membawa perubahan terhadap wilayah Kemang.

Kelompok yang terlibat dalam proses pembuatan karya ini pun cukup kompleks. Seperti Team LeBoYe design, dia.lo.gue artspace dan beberapa komunitas, warga Kemang sampai pemilik bisnis di wilayah Kemang.

kemang-rtrw2

Pemetaan pemukiman Kemang dari tahun ke tahun | Andika Aditia

Dinamika wilayah Kemang memang bisa dibilang sangat unik, betapa tidak, kampung yang awalnya dihuni oleh penduduk asli Betawi menjelma menjadi kampung kreatif yang modern namun tak kehilangan budaya aslinya yakni Betawi. Salah satunya festival palang pintu yang tak pernah absen tiap tahun.

Selain itu, masuknya berbagai warga negara asing yang tinggal dan menetap juga memberi kontribusi atas perubahan Kemang dan corak sosial yang unik. Hal tersebut membuat suatu akulturasi yang tak hanya lintas usia, tapi juga pemikiran dan budaya lintas benua.

Berbagai galeri dari banyak disiplin seni bertebaran di Kemang yang menjadi salah satu ciri khasnya. Dalam karya ini pun pengumpulan dokumentasi perjalanan Kemang sangat terekam dengan baik, mulai dari identitas sampai kondisinya yang terangkum pula dalam sejarah.

kemang-rtrw4

Deretan cerita perjalanan wilayah Kemang yang dirangkum Komunitas Kemang RT/RW | Andika Aditia

Maka dari itu, karya dari komunitas Kemang RT/RW paling banyak menyedot perhatian pengunjung. Bukan hanya dari keunikannya tapi juga sisi sejarah dan informasinya yang sangat bermanfaat.

Buat sobat lanang yang penasaran sama karya yang satu ini bisa langsung mengunjungi pamerannya. Pameran ini sendiri masih akan berlangsung sampai 7 Desember 2016 mendatang.