Traveling

Menikmati Seni Jalanan di East Side Gallery

Bagi kalian yang belum pernah ke Berlin, Jerman sebaiknya memasukkan East Side Gallery sebagai salah satu tujuan destinasi wisata jika di masa depan ada kesempatan ke sana. Lalu kenapa dan ada apa sih di East Side Gallery itu sendiri? Oke daripada penasaran berikut ini kambi bagikan sekilas ceritanya.

Beberapa waktu lalu Lanang Indonesia sempat berkunjung ke Berlin dan tentu saja tidak melewatkan East Side Gallery sebagai salah satu tujuan wisata. Ada dua hal yang bisa kita temukan di situs ini, seni dan sejarah Jerman.

berlin6

Menyimpan setidaknya 105 lukisan-lukisan dari seniman-seniman seluruh dunia, East Side Gallery ini adalah bagian timur dari sisa-sisa Tembok Berlin yang pernah membelah Jerman menjadi dua pasca Perang Dunia II. Di mana waktu itu bagian barat cenderung lebih maju dan dikuasai oleh pihak Sekutu sedangkan bagian timur lebih suram karena dikuasai oleh Soviet.

East Side Gallery dipercaya menjadi galeri terbesar dan terpanjang luar ruangan di dunia. Lukisan-lukisan dari Jürgen Grosse alias INDIANO, Dimitri Vrubel, Siegfrid Santoni, Bodo Sperling, Kasra Alavi dll. Menghiasi bagian timur tembok bersejarah ini.

berlin7

Lukisan-lukisan tersebut secara tersirat menggambarkan keinginan para pelukis untuk menjadikan dunia yang lebih baik di masa depan. Mengingat Tembok Berlin adalah saksi kelam dari selesainya kengerian Adolf Hitler.

Ada beberapa lukisan yang terdampak oleh kerontokkan tembok dan vadalisme dan sepertiganya telah direstorasi. Uniknya saat proses restorasi beberapa artis menolak untuk melukis ulang lukisan mereka.

Terlepas dari indahnya Berlin, East Side Gallery ini sangat menarik untuk dikunjungi karena Jerman benar-benar pernah mendunia karena Perang Dunia II. Jangan lupa untuk bersiap dengan pakaian dingin jika kalian berencana pergi dalam waktu dekat.