Terkini

Menikmati VR dari Novel Bersama Man’s Defender

Tahukah jika perkembangan teknologi sudah sangat cepat, jika selama ini kita hanya mengenal novel dalam bentuk kertas dan paling jauh menjadi sebuah e-book sebentar lagi kita akan menikmati teknologi virtual reality (VR) dari sebuah novel.

 

Novel berjudul Man’s Defender yang merupakan karya Maisie Junardy dan Donna Widjajanto bisa dipastikan menjadi novel pertama di Indonesia yang akan disentuh teknologi VR. Pengalaman membaca novel kita akan semakin nyata dengan bantuan teknologi ini di mana beberapa lokasi yang menjadi latar novel ini akan bisa dilihat melalui VR.

 

“Dengan membaca buku ini kita bisa berinteraksi dengan buku, misalnya untuk pertama mulainya saja sang aplikasi akan menanyakan di lokasi mana kita ingin membaca, jika kita jawab di pantai kita akan mendapatkan lokasi pantai sebagai tempat kita membaca buku ini,” kata Maisie saat dihubungi Lanang Indonesia.

 

Interaksi ini akan menjadi terobosan yang benar-benar hidup, karena dengan interaksi ini pembaca dan buku jadi memiliki komunikasi dua arah. Maisie yang mengakui jika cerita dalam Man’s Defender ini terinspirasi dari pengalaman dirinya sendiri mengatakan bahwa pembaca juga akan bisa memberikan input kepada penulis.

 

maisie-dan-donna

Maisie Junardy dan Donna Widjajanto | Dok. Pribadi

 

“Misalkan kita berhenti di satu bab, bukunya bisa memanggil dan pembaca bisa memberikan komentar kalau tidak terlalu menyukai buku dan hal ini akan menjadi masukan yang sangat penting untuk penulisnya,” lanjut Maisie.

 

Man’s Defender yang berlatarkan lokasi-lokasi di seluruh benua di dunia ini diyakini akan menjadi pionir kolaborasi novel dan teknologi VR yang menarik karena banyak tempat yang bisa dieksplor. Lebih lanjut lagi karena ternyata cerita berkembang saat dibuat, Maisie mengatakan bahwa novelnya akan menjadi trilogi dan Man’s Defender menjadi jilid pertamanya.

 

Maisie dan Donna bekerja sama dengan Bobby Arthawan, Steve Makalew dan Henky Christianto yang yang menciptakan konsep VR Book ini.

 

Versi e-booknya bisa didapatkan di Scoop.com dan versi cetaknya akan segera tersedia Januari 2017. Penasaran dengan seperti apa kemungkinan kolaborasi sebuah novel dengan teknologi VR? Just check this book bro!