Gaya Lanang

Menyemir Sepatu, Wajib Bagi Pria Modern!

Jangan mengaku anak masa kini kalau tidak bisa semir sepatu sendiri. Ini adalah pengetahuan dasar gaya hidup untuk pria yang seharusanya sudah diajarkan sejak kecil. Pria sejati selalu tahu bagaimana merawat dan menghargai barang-barang pribadi mereka.

Hari ini menyemir sepatu bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Berbagai produk pembersih sepatu kini dibuat untuk dipakai semudah mungkin. Tapi lihat dulu material sepatunya, terbuat dari kulit atau suede?

Jangan anggap enteng dengan sepatu yang kotor, bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga mengundang penyakit. Bonusnya adalah sulit jodoh. Maka apapun bentuk dan model sepatu sebaiknya dibersihkan dan dirawat dengan teratur.

Produk pembersih sepatu yang berbentuk busa (foam) atau spray adalah yang paling mudah digunakan untuk sepatu berbahan suede. Sedangkan untuk kulit sapi masih tetap harus menggunakan pomade semir.

Sepatu suede memang lebih butuh banyak perhatian karena lebih sensitif saat terkena noda atau air. Namun semakin lama dipakai, sepatu dengan bahan suede akan semakin lemas dan matang sehingga memberikan efek vintage.

Untuk tetap mempertahankan efek tersebut tentu saja perawatan adalah yang utama. Perhatian lebih dibutuhkan untuk bahan suede ini, karena mereka lebih mudah kotor dibandingkan bahan kulit biasa.